sign up SIGN UP search


menyusui

3 Trik Lakukan Power Pumping agar Stok ASI Melimpah, Coba yuk!

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 24 Jul 2022 11:55 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Ketika memutuskan untuk mengaplikasikan teknik power pumping, Bunda tentu ingin agar stok ASIP selalu aman untuk bayi ketika Bunda sedang tidak berada di dekatnya.

Power pumping memang sangat bermanfaat khususnya untuk ibu bekerja yang ingin agar bayinya selalu mendapat ASI eksklusif. Bukan hanya itu, saat ibu tak berada di dekat bayi, orang terdekat lain seperti Ayah ataupun baby sitter bisa membantu memberikan ASI perah tersebut kepada Si Kecil.

Perlu diketahui, teknik power pumping yang tepat tidak dilakukan untuk mengganti seluruh jadwal memompa ASI sehari-hari. Namun, aktivitas tersebut berfungsi sebagai pengganti dalam satu sesi saja.


Banner Cara Tingkatkan Daya Ingat Anak

Cara lakukan power pumping yang tepat

Adapun cara melakukan teknik power pumping yang tepat agar target suplai ASI Bunda terpenuhi, yakni:

1. Siapkan waktu 1 jam untuk power pumping

Agar dapat melakukannya, persiapkan waktu setidaknya selama satu jam, bisa pada saat malam hari sebelum tidur, pada pagi hari sebelum pergi berangkat bekerja, maupun di hari libur. Bunda dapat mengikuti jam yang ada di bawah ini:

  • Pompa ASI 20 menit dan istirahat 10 menit.
  • Kembali pompa selama 10 menit dan istirahat 10 menit.
  • Pompa kembali selama 10 menit, selesai.

Total waktu yang dibutuhkan untuk teknik power pumping tersebut hanya 40 menit dengan menyediakan waktu setidaknya selama 1 jam akan membuat kamu lebih rileks dan tidak tergesa-gesa. Selain itu, Bunda juga bisa mencoba jadwal alternatif yang ada di bawah ini:

  • Pompa ASI 5 menit dan istirahat 5 menit.
  • Kembali pompa 5 menit dan istirahat 5 menit.
  • Pompa kembali 5 menit dan selesai.

2. Memilih tempat yang nyaman

Berikutnya adalah dengan memilih tempat ternyaman, cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan pompa payudara listrik ganda dan juga bra menyusui sehingga bisa bersantai tanpa harus memegangi payudara selama dalam proses tersebut.

Tekanan dan juga perasaan yang kurang nyaman bisa berpengaruh pada tingkat efektivitas dari power pumping. Oleh sebab itu, mungkin ada saatnya tidak harus menghitung waktu dengan akurat sehingga dapat mengurangi tekanan dan kesan dikejar waktu. 

Bunda dapat mencoba melakukan kegiatan seperti menonton TV, mendengarkan musik, membaca buku maupun komik untuk menandai waktu.

3. Lakukan secara rutin

Teknik power pumping terakhir adalah dengan melakukan aktivitas ini secara rutin. Tingkat keberhasilan setiap ibu pada saat melakukan power pumping juga berbeda-beda.

Ada yang merasakan peningkatan produksi ASI dalam waktu dua hari setelah pemakaian pertama, tetapi ada juga yang baru bertambah setelah tujuh hari pemakaian berturut-turut.

Ada beberapa aktivitas pompa ASI hanya cukup dilakukan tiga hari berturut-turut lalu ASI sudah bisa lancar. Namun, tidak sedikit juga yang merasa efeknya secara signifikan di saat melakukannya seminggu atau lebih. (PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 trik jitu pumping agar ASI berlimpah.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!