sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Ketahui Tanda-tanda Bayi Tidak Cukup ASI

Asri Ediyati Jumat, 10 Apr 2020 09:01 WIB
Ternyata, bayi sering menyusu belum tentu cukup dengan ASI. Berikut ini tanda-tanda bayi tidak cukup mendapatkan ASI. Apa saja ya Bunda? caption
Jakarta - Bagi Bunda yang masih menjadi ibu baru kadang-kadang khawatir bahwa bayi tidak mendapatkan cukup ASI. Bagaimanapun, setiap ibu ingin memastikan bahwa bayinya mendapatkan semua makanan yang dibutuhkan. Akan tetapi tidak mungkin untuk melihat berapa banyak ASI yang sebenarnya diminum oleh bayi.

Sebelumnya, HaiBunda pernah membahas tanda bayi cukup ASI. Kali ini kita akan membahas tanda-tanda bayi tidak cukup mendapatkan ASI. Apa saja tanda-tandanya?


Berikut tanda-tanda bayi tidak cukup ASI dilansir Baby Center:


1. Berat badan bayi terus turun. Jika bayi tidak mulai bertambah berat setelah lima hari, atau jika ia mulai kehilangan berat badan lagi setiap saat setelah itu, bicarakan dengan dokternya.

2. Bayi mengompol kurang dari enam kali dalam periode 24 jam setelah lima hari setelah kelahirannya. Bayi juga memiliki feses kecil dan gelap setelah lima hari pertamanya.

3. Urine bayi sangat gelap, seperti warna jus apel. Jika urinnya pucat atau bening, dia mendapatkan cukup cairan. Jika lebih terkonsentrasi, itu mungkin pertanda bahwa dia kekurangan cairan.

4. Bayi sering rewel atau lesu. Dia mungkin tertidur segera setelah Bunda meletakkannya di payudara tetapi kemudian rewel ketika Bunda melepasnya.

5. Bayi tampaknya memiliki mulut atau mata yang kering.

6. Bayi sepertinya tidak puas, meskipun menyusui secara konsisten membutuhkan waktu lebih dari satu jam.

7. Payudara tidak terasa lebih lembut setelah menyusui.

8. Bunda jarang mendengar bayi menelan saat menyusu.


Simak juga cara aman cegah kehamilan saat menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi