sign up SIGN UP search


menyusui

Usia 40 Thn, Uut Permatasari Tetap Semangat Menyusui Meski Hadapi Beragam Tantangan

Khesedtov Bana   |   Haibunda Rabu, 10 Aug 2022 07:15 WIB
Uut Permatasari caption
Jakarta -

Pedangdut Uut Permatasari baru saja dikaruniai anak laki laki pada Juli kemarin nih Bunda. Bayi laki-laki bernama Rafaizan Rakhan Athallah Pulungan ini merupakan putra kedua untuk Uut dan sang suami Tri Goffarudin Pulungan.

Melahirkan di usia 40 tahun tentu bukan hal yang mudah, tapi itu bisa dilalui dengan baik oleh Uut. Tak usai sampai di situ, setelah melahirkan pun, Uut melanjutkan dengan menyusui bayinya. 

Pada 2016, Uut menyambut anak pertama, Rafif Athallah P, yang saat ini sudah menginjak usia 6 tahun. Peran ibu yang Uut emban tentunya membuat ia semakin sibuk. Ia harus mengASIhi sambil mengurus kebutuhan Rafif sebagai abang. 


Selama masa pemulihan, Uut pun harus hadapi berbagai kondisi. Dalam salah satu unggahan pada Instagram story pribadinya, Uut mengungkapkan beberapa kondisi yang harus ia hadapi selama menyusui.

“Busui semangat, semangat ngopenin dan merawat 2 anak (tanpa baby sitter), semangat mengASIhi,” Tulis Uut dalam unggahannya.

Selain itu, Uut juga menuliskan beberapa tantangan yang harus ia hadapi pasca persalinan, “Semangat ngerasain kaki bengkak tapi tidak bisa diinjeksi sama dokter spesialis saraf dikarenakan saya masih memberikan ASI untuk si debay, semangat makan banyak tapi tidak bikin gemoy,” tambahnya.

Tentunya hal ini tidak mudah untuk Uut. Ia bahkan masih harus tidur larut demi menyusui sang buah hati. Dalam unggahan terbarunya, Uut terlihat menggendong anak ke-duanya, dengan takarir “Busui begadang demi anak bontot sing bagoes dewe,” tulisnya.

Wah, semoga Uut sehat-sehat dan bisa lancar dalam menyusui Si Kecil ya. Kalau Bunda gimana nih? Apakah pernah alami yang serupa dengan Uut, seperti misalnya terjadi pembengkakan pada bagian tubuh?

Bengkak pasca melahirkan

Pembengkakan sangat sering terjadi pada Bunda pasca melahirkan. Biasanya akan lebih terlihat pada satu minggu pertama pasca melahirkan. Walau begitu, pembengkakan akan mereda seiring waktu.

Pembengkakan sering terjadi lantaran terjadinya akumulasi cairan pada beberapa bagian tubuh. Dengan menjaga tubuh terhidrasi, tubuh Bunda akan memiliki waktu yang lebih mudah untuk melepaskan cairan ekstra yang menyebabkan pembengkakan.

Jenis pembengkakan pasca melahirkan

Jenis pembengkakan pun tergantung pada penyebab dan lokasi pembengkakan pada tubuh, seperti:

1. Pembengkakan payudara

Hal ini terjadi saat payudara Bunda penuh dengan ASI. Sering terjadi beberapa hari setelah Bunda bersalin. Payudara Bunda bisa juga terasa empuk dan sakit. Rasa tidak nyaman ini akan berkurang saat Bunda mulai menyusui secara rutin.

‌2. Hemorrhoids (Wasir)

Bunda mungkin merasakan pembengkakan pada bagian dubur saat hamil. Jika tidak, Bunda bisa alami wasir dari peregangan dan mendorong saat proses bersalin. Wasir sangat sakit dan memungkinkan berdarah saat terjadi pergerakan usus (buang air besar). Ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan saat alami wasir, seperti :

  • Berendam pada air hangat
  • Tanyakan dokter terkait penggunaan spray atau krim untuk rasa sakit
  • Mengonsumsi makanan kaya serat, seperti buah, sayur dan roti gandum
  • Meminum banyak air mineral

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang Fanny Fabriana siap menyusui anak ke-4 eksklusif 2 tahun.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA REDAKAN PEMBENGKAKAN PASCA PERSALINAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!