sign up SIGN UP search


menyusui

Ini Dia Posisi Menyusui yang Benar agar Bayi Tidak Gumoh, Tunda Dulu Tummy Time ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 22 Aug 2022 13:21 WIB
Posisi menyusui yang benar agar bayi tidak gumoh penting diketahui para busui. Apalagi, di awal menyusui, bayi gumoh seringkali menjadi tantangan busui. caption
Jakarta -

Posisi menyusui yang benar agar bayi tidak gumoh perlu diterapkan saat menyusui. Sehingga, risiko gumoh pun dapat berkurang ya, Bunda.

Gumoh memang kerap dialami bayi usai menyusui ya. Biasanya, hal ini karena bayi menelan udara dengan ASI. Kemudian, saat perut sudah penuh atau posisi bayi tiba-tiba berubah setelah menyusu, gumoh sering kali terjadi. 

The American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa sebagian besar bayi mengalami gumoh. Penyebabnya, sangat mungkin karena gastroesophageal reflux. Dan, hal ini sangatlah normal serta tidak perlu dikhawatirkan berlebihan.


Seiring dengan usia bayi yang semakin besar, gumoh akan semakin jarang muncul dan berhenti saat otot bayi matang. Jadi, ini hanyalah membutuhkan waktu sementara saja ya, Bunda.

Guna mengurangi risiko gumoh, Bunda dapat menjaga waktu menyusu supaya tetap tenang terkendali. Dan, batasi pula bayi untuk aktif bermain sekitar 20 menit sesudah menyusu, seperti dikutip dari laman Healthychildren.

Pengertian gumoh pada bayi

Untuk itu, menjaga posisi bayi tetap aman saat menyusu sangatlah penting untuk mengurangi risiko gumoh. Gumoh merupakan kondisi saat isi perut keluar dari mulut dan sering kali disertai sendawa. Gumoh juga tidak melibatkan kontraksi otot yang kuat, hanya mengeluarkan sedikit susu, dan tidak membuat bayi tertekan atau membuatnya tidak nyaman.

Selain menjaga posisi menyusui dengan aman, Bunda juga dapat menyendawakan bayi lebih sering terutama usai menyusu. Gas ekstra di perut bayi kerap menimbulkan masalah. Saat gelembung gas keluar, bayi memiliki kecenderungan yang mengganggu untuk membawa sisa isi perut ke dalamnya.

Maka itu, guna menghindari ini terjadi, coba sendawakan bayi tidak hanya setelah, tetapi juga di sela waktu menyusu.

Batasi juga bermain aktif setelah menyusu dan posisikan bayi dalam posisi tegak. Menekan perut bayi tepat setelah menyusu dapat meningkatkan kemungkinan bahwa apa pun di perutnya akan dipaksa untuk bekerja.

Meskipun tummy time penting untuk bayi, tundalah beberapa saat setelah mereka menyusu yang dapat menjadi teknik menghindari bayi gumoh.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab bayi muntah dari hidung.

[Gambas:Video Haibunda]



POSISI MENYUSUI YANG BENAR AGAR BAYI TIDAK GUMOH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!