sign up SIGN UP search


menyusui

Ini Dia Posisi Menyusui yang Benar agar Bayi Tidak Gumoh, Tunda Dulu Tummy Time ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 22 Aug 2022 13:21 WIB
POSISI MENYUSUI YANG BENAR AGAR BAYI TIDAK GUMOH
Posisi menyusui yang benar agar bayi tidak gumoh penting diketahui para busui. Apalagi, di awal menyusui, bayi gumoh seringkali menjadi tantangan busui. caption

Kemudian, jagalah posisi menyusui yang benar agar bayi tidak gumoh. Mulailah dengan menempatkan bayi di satu sisi, ke arah payudara. Pastikan seluruh tubuh bayi menghadap ke dada, dengan telinga, bahu, dan pinggulnya dalam garis lurus.

"Posisikan kepala lurus sejajar dengan tubuh. Gunakan bantal menyusui atau bantal biasa untuk membawa bayi ke ketinggian yang membuatnya lebih mudah untuk mengarahkannya ke payudara," ujar Suzanne Chan, D.N.P, C.L.C.

Banner Babypedia

Posisi menyusui kurangi risiko bayi gumoh

Kemudian, cobalah beberapa posisi menyusui berikut ini guna mengurangi risiko bayi gumoh, seperti dikutip dari laman Whattoexpect:


  • Cradle hold

Posisikan bayi sehingga kepalanya bersandar pada lekukan siku di sisi Bunda menyusui, dengan tangan di sisi tersebut dan menopang seluruh tubuh. Pegang payudara dengan tangan lainnya, letakkan ibu jari di atas puting susu dan areola di tempat hidung bayi akan menyentuh payudara. 

Letakkan jari telunjuk di dagu bayi yang akan bersentuhan dengan payudara. Tekan sedikit payudara sehingga puting susu sedikit mengarah ke hidung dan biarkan bayi menyusu dengan nyaman.

  • Crossover hold

Peganglah kepala bayi dengan tangan yang berlawanan dengan payudara tempat Bunda menyusui. Letakkan pergelangan tangan diantara tulang belikat bayi, ibu jari di belakang satu telinga, dan jari-jari lainnya di belakang telinga lainnya. Dorong perlahan leher bayi dan biarkan bayi menyusu. Dengan menggunakan tangan yang bebas, peganglah payudara sepergi yang Bunda lakukan untuk cradle hold.

  • Football hold 

Posisikan bayi di sisi Bunda, menghadap Bunda, dengan kakinya terselip di bawah lengan. Dan, di sisi yang sama dengan payudara tempat Bunda menyusui. Kemudian, sangga kepala bayi dengan tangan yang sama, dan gunakan tangan yang lain untuk menangkup payudara seperti yang dilakukan untuk memegang buaian.

  • Laid back position

Posisi menyusui yang santai dapat membantu ibu yang memiliki payudara yang lebih kecil, bayi yang baru lahir dan bayi dengan perut sensitif atau kelebihan gas. 

Dalam posisi ini, Bunda dapat bersandar di tempat tidur atau sofa, ditopang dengan baik menggunakan bantal dalam posisi semi reclining sehingga ketika Bunda meletakkan bayi ke tubuh dengan kepalanya di dekat payudara, gravitasi akan membuatnya tetap mengikuti Bunda.

Bayi dapat bersandar pada segala arah, selama seluruh bagian depan tubuhnya berlawanan dengan tubuh Bunda dapat dapat menjangkau payudara. Bayi akan menyusu secara alami dalam posisi ini atau Bunda dapat mengarahkan putih ke mulut bayi.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda. 

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!