sign up SIGN UP search


menyusui

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi? Timbulkan Pro-Kontra Efek Kafein pada Bayi

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 26 Aug 2022 13:09 WIB
young attractive asian woman who drink coffee caption
Jakarta -

Bolehkah ibu menyusui minum kopi? Mungkin itu pertanyaan yang paling menggelitik buat para wanita yang sangat menyukai minum kopi dan menjadi ibu baru yang sekaligus sedang menyusui bayinya sendiri.

Minum kopi memang suka bikin ketagihan. Hanya saja, kandungan kafein dalam kopi katanya sangat berpengaruh tidak baik buat sang jabang bayi yang menyusu susu ibu. Apakah benar demikian? 

Perlu kita ketahui juga, nyatanya kandungan kafein bukan hanya terdapat pada kopi, tapi juga ada pada minuman teh, minuman bersoda, minuman berenergi, dan minuman serta cokelat batang.


Banner Susu Hamil

Bahkan obat-obatan bebas resep dokter juga banyak yang mengandung kafein. Nah, apakah makanan dan minuman berkafein itu sebaiknya juga tidak dikonsumsi oleh Bunda yang sedang menyusui bayinya? Yuk, mari kita bahas bersama.

Ibu menyusui boleh minum kopi, asalkan..

Tidak bisa dipungkiri, kopi memang minuman nikmat yang banyak disukai siapa saja. Beragam jenis dan asal kopi rasanya pasti nikmat. Mau kopi pahit, kopi dengan gula, kopi dengan kombinasi susu, dan kopi diberi butiran cokelat, semua rasanya enak.

Hanya ternyata ada beberapa pendapat dan penelitian yang menyebut kafein pada kopi dan minuman serta makanan tersebut di atas sebaiknya tidak diminum oleh ibu menyusui. Selain tidak baik buat kondisi kesehatan Bunda, juga tidak bagus buat bayi yang mengonsumsi susu ibunya tersebut.

Namun ada juga penelitian yang meragukan hal itu, mengingat serapan kopi yang diminum Bunda hanya kurang satu persen yang terkandung di ASI. Jadi itu tidak akan berpengaruh apa-apa buat sang jabang bayi.

Sebuah penelitian lainnya menyebutkan kafein bisa menjadi sensitif dan berefek kurang baik pada bayi berusia di bawah 5 bulan atau bayi yang lahir prematur serta lahir dalam kondisi sakit.

Jadi sebaiknya Bunda dengan sadar tidak mengonsumsi kopi dan makanan serta minuman berkafein lain jika ingin menyusui bayinya sendiri.
Penelitian lain lagi ada yang menyampaikan justru minum kopi bisa berpengaruh bagus buat produksi air susu ibu.

Juga buat bayi berusia 6 bulan ke atas yang tumbuh kembangnya sehat, kandungan kafein pada air susu ibu yang diminumnya tidak berdampak buruk pada dirinya.

Wah, ternyata pro dan kontra ya? Jadi kita bisa percaya pada penelitian yang mana ya?

Terpenting, kita harus menyadari bahwa segala sesuatu yang berlebihan memang sangat tidak bagus. Ada baiknya biasa-biasa saja. Jika memang lebih cenderung ke arah negatif, sebaiknya hindari saja. Begitu juga soal pro-kontra minum kopi buat ibu menyusui.

American Academy of Pediatrics untuk divisi Baby Centre memberikan keringanan kepada ibu menyusui yang menyukai minum kopi, asalkan mengonsumsinya jangan lebih dari 3 cangkir dalam sehari.

Bahkan ditambahkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat kalau batas asupan kafein yang masih aman untuk ibu menyusui adalah maksimal 300 miligram (mg) per hari yakni setara dengan 2-3 cangkir kopi saja sehari.

Namun begitu, ibu menyusui penggemar minum kopi harus tetap jeli dan cermat memperhatikan kondisi bayi dari mengonsumsi ASI yang mengandung kopi.

Jika bayi tampak lesu, kolik atau rewel, susah tidur, sembelit, dan gelisah, ada baiknya Bunda menghentikan minum kopi dahulu, sekitar seminggu misalkan.

Bisa jadi, sang bayi sangat sensitif terhadap kafein yang ada pada air susu ibunya. Jika Bunda menghentikan konsumsi minum kopi namun sang bayi tetap berperilaku cemas dan tidak bisa tidur lelap, ada baiknya pergi ke dokter anak untuk mengecek kesehatan badannya.(PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang porsi aman ibu menyusui minum kopi.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!