sign up SIGN UP search


menyusui

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi? Ketahui yuk Porsi Amannya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 16 Aug 2022 12:28 WIB
Minum Kopi caption
Jakarta -

Menyeruput kopi di pagi ataupun sore hari menjadi kebiasaan banyak orang. Tak terkecuali para busui. Nah, kira-kira bolehkah ibu menyusui minum kopi ya, Bunda?

Menyusui memang sangat menyita waktu dan energi terutama di awal-awal mereka baru lahir. Tak sedikit busui yang kurang tidur teratur dan bangun beberapa kali setiap malamnya.

Hal ini pun tentu membuat tubuh terasa tak nyaman karena rasa kantuk yang menyertai. Biasanya, secangkir kopi pun menjadi pelarian untuk menyegarkan mata yang kurang tidur.


Bagi ibu menyusui, sering kali hal ini mungkin banyak dihindari ya, Bunda. Pasalnya, banyak busui yang khawatir tentang efek kafein pada bayinya. Namun, sesungguhnya kafein tetap aman dalam jumlah sedang bagi ibu yang sedang menyusui, seperti dikutip dari laman Medical News Today.

Perlu Bunda ketahui bahwa konsumsi kafein sebelum menyusui tidak menyebabkan efek samping. Selain itu, tubuh memetabolisme sebagian besar kafein dalam kopi sebelum mencapai ASI atau memiliki kesempatan untuk memengaruhi bayi.

Menurut Dr Thomas Hale dalam Medications and Mothers Milk, kafein ialah obat berisiko rendah dalam jumlah sedang. Hanya sekitar 1 persen kafein yang dikonsumsi seorang ibu yang masuk ke dalam ASI-nya. Dan, jumlah yang sangat kecil ini tidak cukup untuk membahayakan kesehatan bayi.

"Ibu menyusui yang ingin mengambil cara teraman harus mempertimbangkan untuk membatasi asupan kafein hingga 300 mg sehari,"tambah Dr Hale.

Bahkan, konsumsi kafein lebih dari 300 mg tidak mungkin membahayakan bayi, seperti dipaparkan The Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Namun, CDC mencatat bahwa konsumsi kafein berlebihan lebih dari 10 cangkir sehari dapat menyebabkan gejala pada bayi seperti rewel dan gelisah.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo BankĀ di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 buah pelancar ASI agar busuiĀ tak galau lagi.

[Gambas:Video Haibunda]



BOLEHKAH IBU MENYUSUI MINUM KOPI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!