sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Dapatkan ASI yang Kental dan Kaya Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Bayi

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 10 Sep 2022 11:11 WIB
Ibu menyusui 5 Cara Dapatkan ASI yang Kental dan Kaya Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Bayi/ Foto: iStock
Jakarta -

ASI kental dan kaya nutrisi dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya, Bunda. Tapi, mendapatkan ASI yang bernutrisi bukan perkara yang mudah.

ASI kental biasanya disebabkan kandungannya yang kaya akan lemak. Nah, kandungan lemak ini sering dikaitkan dengan pertambahan berat badan bayi.

Tekstur ASI sebenarnya akan berubah mengikuti kebutuhan bayi, Bunda. Tapi, tekstur menjadi kental dan banyak bisa dipengaruhi oleh asupan yang dikonsumsi ibu menyusui atau busui sehari-hari.


Cara mendapatkan ASI kental dan kaya nutrisi

Berikut 5 cara mendapatkan ASI kental dan kaya nutrisi, seperti melansir dari berbagai sumber:

1. Konsumsi makanan bernutrisi

Dalam ulasan di American Journal of Clinical Nutrition, dijelaskan bahwa pola makan selama menyusui bisa berdampak pada kualitas dan tekstur ASI. Artinya, apa yang Bunda makan bisa memengaruhi kualitas ASI nih.

Selama menyusui, Bunda sebaiknya konsumsi makanan bergizi ya. Beberapa makanan yang bisa membuat ASI kental dan kaya nutrisi adalah ikan salmon, alpukat, kacang almond, telur, dan sayuran hijau.

2. Banyak konsumsi cairan

ASI terdiri dari sekitar 90 persen air. Untuk itu, penting untuk memenuhi asupan cairan selama menyusui untuk menjaga produksi ASI dan asupan nutrisi di dalamnya.

Bunda dapat minum sekitar 6 hingga 8 gelas air per hari. Selain dari air mineral, asupan cairan juga bisa didapatkan dari sumber nutrisi seperti susu, jus buah, atau sup.

3. Istirahat cukup

Tubuh bisa menjadi lelah dan stres karena mengasuh anak, terutama yang masih menyusu. Bila dibiarkan, kondisi tersebut bisa memengaruhi kualitas dan kuantitas ASI, Bunda.

Cara terbaik untuk mengatasi lelah dan stres adalah istirahat yang cukup. Ketika beristirahat, tubuh dapat menggunakan energi ekstra untuk memproduksi ASI berkualitas.

4. Hindari pola hidup tidak sehat

Selain karena lelah dan stres, kualitas ASI juga bisa menurun karena pola hidup tidak sehat lainnya. Beberapa di antaranya adalah mengonsumsi kafein, minum alkohol, atau merokok.

Nah, untuk mendapatkan ASI yang kental dan kaya nutrisi ini, Bunda perlu menghindari semua pola hidup tidak sehat tersebut. Lebih baik menjalani pola hidup yang sehat untuk memperlancar proses menyusui.

5. Konsumsi vitamin ibu menyusui

Vitamin ibu menyusui biasanya dikenal juga dengan ASI booster. Bunda dapat mengonsumsi vitamin atau ASI booster ini untuk mendapatkan ASI yang berkualitas.

Selain dari makanan, sumber nutrisi selama menyusui juga bisa didapatkan dari suplemen atau vitamin. Tapi, sebelum mengonsumsi suplemen, Bunda sebaiknya konsultasikan dulu ke konselor laktasi ya.

Lalu apa saja pilihan vitamin ibu menyusui yang bisa membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga alasan kenapa pemberian ASI eksklusif dikaitkan dengan kecerdasan anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

REKOMENDASI VITAMIN IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!