sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Perah Bunda Berwarna Bening? Ketahui Penyebab dan Kandungannya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 15 Jul 2022 13:46 WIB
Baby bottle with breast pump attachement and empty bottle against a wood background caption

ASI kerap terlihat kental dan juga bening sesekali waktu ya, Bunda. Bila ASI kental dipercaya memiliki nutrisi yang banyak, bagaimana dengan ASI bening, apakah bagus dan tetap bernutrisi?

ASI merupakan asupan paling bergizi untuk bayi sejak lahir. Jika diperhatikan, Bunda mungkin kerap menemui tekstur ASI yang bening dan berpikir bahwa ASI tersebut kurang bernutrisi. 

Ya, sedianya ASI memang komposisinya berbeda dari susu formula ya, Bunda. Tidak sekental penampakannya seperti susu formula sehingga kita mungkin jadi berpikir apakah ASI bening ini memberikan gizi terbaik untuk bayi atau tidak. 


Mengenai hal tersebut, Bunda tidak perlu mengkhawatirkannya. Pasalnya, ASI merupakan asupan terbaik untuk buah hati. Mengenai teksturnya yang terkadang terlihat bening, ini merupakan hal yang normal dan sangat aman serta tetap sehat untuk Si Kecil ya, Bunda. 

Dan, sama seperti halnya produk susu yang dikonsumsi, ASI terdiri dari berbagai komponen yang mengendap dan terpisah.

Penyebab ASI berwarna bening

"Saat susu diletakkan di atas meja, lemak akan naik ke atas dan porsi yang mengandung lebih banyak air, laktosa, protein, dan vitamin yang larut dalam air mengendap di bagian bawah botol dan relatif terlihat transparan," ujar Lynnette Hafken, MA, IBCLC, Director of Support Services for The Fed Is Best Foundation.

Selain itu, Bunda mungkin kerap memperhatikan ASI terlihat bening saat menyusui. Hal ini karena ASI yang keluar di awal menyusu memang lebih encer daripada hindmilk, yakni porsi ASI yag didapat bayi di akhir menyusu.

Saat susu diproduksi tubuh, lemak menempel di sisi pembuat susu dan bagian bening dari susu bergerak menuruni saluran menuju puting dan bercampur dengan susu yang tersisa dari bagian pemberian akhir.  

Semakin lama waktu antara menyusui, semakin bening sisa susu yang ada. Susu yang bening ini memiliki kandungan laktosa lebih tinggi dan sedikit lemak daripada susu yang disimpan dalam sel-sel pembuat susu yang lebih tinggi di payudara.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab ASI bisa kental seperti puding.

[Gambas:Video Haibunda]



ASI BENING APAKAH BAGUS?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!