sign up SIGN UP search


menyusui

Pertama Kali Menyusui, Indah Permatasari Pegal karena Bayinya Tak Berhenti Menyusu

Siti Masitoh   |   Haibunda Selasa, 13 Sep 2022 07:24 WIB
Indah Permatasari caption
Jakarta -

Setelah lahir, Si Kecil biasanya akan menyusu secara alami sesuai dengan kebutuhanna, biasanya 8 hingga 12 kali dalam 24 jam selama 2 hingga 4 minggu pertama kelahiran.

"24 jam pertama sangat berbeda dari bayi ke bayi. Beberapa bayi memiliki tidur yang lama dan beberapa sering menyusui," kata Cathy Garbin, konsultasi laktasi, dikutip dari Medela.

Bayi yang baru lahir harus menyusu setidaknya setiap 2 hingga 3 jam, selama 10 hingga 15 menit. Rata-rata 20 hingga 30 menit setiap kali menyusui membantu memastikan bahwa bayi mendapatkan cukup ASI.


Hal ini juga memberikan waktu yang cukup untuk merangsang tubuh Bunda untuk membangun pasokan susu Bunda. Maka itu, tak mengherankan bila ada bayi yang seakan masih terus menyusu dalam waktu lama seperti dialami aktris Indah Permatasari.

Bayi Indah Permatasari tak berhenti menyusu

Indah Permatasari baru saja menyambut kelahiran anak pertamanya dengan sang suami Arie Kriting. Kabar tersebut dibagikan Arie Kriting melalui media sosial Instagram miliknya. Dalam unggahan video pendek tersebut, komedian kelahiran Kendari 37 tahun silam ini turut meninggalkan caption sebagai informasi tambahan.

"Alhamdulillah. Terima kasih Ya Allah," bukanya, dikutip dari akun @arie_kriting.

Diketahui, Indah melahirkan anak pertama pada 1 September 2022. Walau begitu sejauh ini keduanya belum mengumumkan jenis kelamin, nama hingga paras sang buah hati. 

Namun, setelah melahirkan, Indah tetap harus menghadapi tantangan selanjutnya sebagai seorang Bunda yakni menyusui Si Kecil. Melalui insta Story-nya, Indah menceritakan pengalaman menyusui pertamanya. 

“Dari jam 12 sampai sekarang anak bayiku ga berhenti nyusu. Disimpen di tempat tidur nangis, jadilah diriku ga bisa ngapa2in inihh, pegel juga duduk dari tadi,” tulis Indah dikutip dari akun Instagram @indahpermatas.

Hmm.. Hal ini mungkin juga dialami Bunda lain yang pertama kali melahirkan ya. Sebenarnya, berapa lama sih yang dibutuhkan bayi baru lahir untuk menyusu? Simak penjelasannya berikut ini yuk. 

Durasi menyusui bayi baru lahir

Melansir laman Medela.com, sekitar hari ke 2 hingga 4 bayi mungkin akan menyusu 8 hingga 12 kali setiap 24 jam bahkan kadang-kadang lebih, termasuk pada malam hari. Menyusui dapat memakan waktu mulai dari 10 hingga 15 menit hingga 45 menit hingga satu jam karena bayi masih mengembangkan otot dan koordinasi yang dibutuhkan untuk mengisap secara efisien.

Melansir laman Nytimes.com, terdapat beberapa cara dan informasi dasar yang sangat berguna untuk para ibu yang menyusui. Mulai dari cara mendapat pelekatan yang tepat hingga cara isyarat untuk mengenali kapan Si Kecil mulai lapar.

Hari ke-1: Pemulihan dan fokus pada pelekatan

Saat ibu mulai stabil dan sadar setelah melahirkan, perawat akan menempatkan Si Kecil yang baru lahir di dada Bunda. Menurut penelitian dilakukannya hal tersebut dapat membantu menstabilkan pernapasan, suhu tubuh dan kadar gula darah serta mengatur Si Kecil untuk menyusui pertama kalinya.

Nancy Forsyth, R.N., N.N.P., seorang praktisi perawat neonatal di Beebe Healthcare di Delaware mengatakan, saat hal itu terjadi pastikan Bunda dapat melihat wajah Si Kecil ketika diletakkan di dada. "Kepalanya harus diputar ke satu sisi dan dimiringkan ke belakang seolah-olah dia sedang mengendus sesuatu," tambahnya.

Payudara terasa lembut selama menyusui pertama kali adalah hal normal, tapi jika Bunda merasa sakit dan tidak mendengar Si Kecil menelan berarti pelekatannya salah. Periksakan pelekatan sesering mungkin oleh perawat atau konsultan laktasi untuk memastikan bayi mendapat cukup kolostrum dan mencegah kerusakan pada puting susu.

Para ahli merekomendasikan agar Bunda menyusui Si Kecil setidaknya selama 10 hingga 15 menit per payudara setiap 2 hingga 3 jam. Ini berhasil hingga delapan hingga 12 kali menyusui per hari.

Namun, bagaimana jika Bunda atau bayi tidak stabil setelah lahir dan mengharuskan adanya penundaan menyusui? Tidak perlu khawatir karena Bunda akan terus memproduksi kolostrum sampai suplai ASI penuh masuk. Biasanya terjadi dua hingga tiga hari setelah kelahiran.

Klik halaman berikutnya untuk tahu lebih lanjut berapa durasi menyusui bayi yang baru lahir.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang teknik menyusui bayi baru lahir.

[Gambas:Video Haibunda]



DURASI MENYUSUI BAYI YANG BARU LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!