sign up SIGN UP search


menyusui

Cerita Ria Ricis Alami Mastitis, Sempat Absen Pumping dan Mengira Bengkak Biasa

Siti Masitoh   |   Haibunda Senin, 12 Sep 2022 07:15 WIB
Ria Ricis caption
Jakarta -

Perjuangan wanita untuk menjadi seorang ibu sangatlah besar. Mulai dari mengandung, melahirkan, hingga menyusui. Itu pun belum rampung karena Bunda akan selalu mendampingi Si Kecil tumbuh besar.

Namun, semua perjuangan itu seakan terbayar saat melihat Si Kecil dapat tumbuh dengan sehat dan baik ya Bunda.

Semua ibu tentu berharap semua fase tersebut dapat dilewati dengan baik, tapi nyatanya pasti ada saja tantangan yang datang, seperti yang dirasakan Ria Ricis baru-baru ini.


Ria Ricis alami mastitis

Melansir dari kanal YouTube Ricis Official, istri Teuku Ryan ini membagikan pengalamannya alami mastitis beberapa waktu lalu. Awalnya Ricis mengira itu hanya bengkak biasa tapi rasa sakitnya tidak kunjung hilang berhari-hari.

Ricis mengatakan, biasanya ia melakukan pumping setiap dua hingga tiga jam sekali. Namun, seminggu yang lalu di malam hari, dirinya merasa sangat lelah dan tidak sengaja melewatkan alarm untuk mulai memompa ASI.

“Pasang alarm paling lama ya tiga jam sekali lah, cuman dalam keadaan capek banget, kurang tidur banget jadi kan gak sengaja alarmnya tuh aku stop, aku matiin, jadi aku juga gak sadar, suami aku juga tidur lelap. Jadi aku tidur lagi sampai akhirnya alarm kedua bunyi, berarti itu udah lewat 6 jam,” kata Ria Ricis dikutip pada kanal YouTube Ricis Official.

Keesokan harinya Ricis merasa ada benjolan dan menganggap itu bengkak biasa. Sebab Ricis mengaku sudah melakukan 3 hingga 4 kali pijat laktasi dan bengkak yang terjadi bukanlah mastitis. Ricis juga merasa tidak mengalami radang pada payudaranya.

“Pas aku cek kan kalo mastitis itu ada kaya merahnya gitu radang pas aku liat ini alhamdulillah sih kalo dari mata aku ya, aku gak liat radang gitu,” ungkap Ricis.

Akhirnya Ricis menghubungi dokter laktasi untuk berkonsultasi dan ternyata Ricis mengalami mastitis. “Pas dicek wah aku dibilang katanya ternyata ini mastitis Bu Ricis,” imbuhnya.

Ricis juga merasa sedih karena ASI yang dikeluarkan menjadi sedikit setelah mengalami mastitis. 

Apa itu mastitis?

Melansir laman Mayoclinic.org, mastitis merupakan peradangan jaringan payudara yang terkadang melibatkan infeksi. Peradangan menyebabkan nyeri payudara, pembengkakan, kehangatan dan kemerahan. Saat mengalami ini, Bunda mungkin juga mengalami demam dan kedinginan.

Mastitis paling sering terjadi pada wanita yang sedang menyusui (mastitis laktasi). Namun, mastitis juga dapat menyerang wanita yang tidak menyusui bahkan pada pria lho Bunda.

Mastitis laktasi bisa menyebabkan Bunda merasa lelah, sehingga sulit untuk merawat Si Kecil. Terkadang mastitis terpaksa membuat ibu menyapih bayinya lebih cepat sebelum waktu menyapih.

Klik halaman berikutnya untuk tahu gejala hingga pencegahan mastitis.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cerita Ria Ricis saat pertama kali menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



GEJALA HINGGA PENCEGAHAN MASTITIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!