sign up SIGN UP search

menyusui

Beda Antivirus Favipiravir dan Oseltamivir, Mana yang Boleh untuk Busui?

Asri Ediyati   |   Haibunda Rabu, 21 Sep 2022 14:35 WIB
OSELTAMIVIR
Ibu menyusui minum obat caption

Oseltamivir tersedia dalam bentuk 75 mg kapsul. Antivirus ini digunakan pada orang dewasa dan anak usia 1 tahun atau lebih yang mengalami gejala influenza. Manfaat daru antivirus ini akan terjadi ketika pengobatan dimulai dalam waktu 2 hari sejak timbulnya gejala.

Dalam informatorium yang dibagikan, BPOM RI menegaskan oseltamivir bukan pengganti vaksin influenza. Penggunaan antivirus untuk pengobatan dan pencegahan influenza harus ditentukan berdasarkan rekomendasi pemerintah dengan mempertimbangkan keragaman epidemiologi dan dampak penyakit pada wilayah geografis yang berbeda dan populasi pasien.

Banner Gawat Janin

Kontraindikasi

Hipersensitivitas terhadap oseltamivir fosfat dan zat aditif lainnya.


Dosis

Pengobatan influenza dilakukan sesegera mungkin dalam waktu 2 hari sejak timbulnya gejala. Dosis Dewasa dan Anak 13 tahun: 75 mg dua kali sehari selama 5 hari.

Apakah oseltamivir aman digunakan saat ibu menyusui atau memberikan ASI perah kepada bayinya? Dilansir CDC, oseltamivir aman. Meskipun data tentang efek obat antivirus influenza yang saat ini direkomendasikan selama menyusui masih terbatas, CDC merekomendasikan bahwa wanita pascamelahirkan (misalnya, dalam 2 minggu setelah kelahiran) dengan suspek atau konfirmasi flu diobati dengan obat antivirus karena mereka berisiko tinggi mengalami komplikasi flu.

Untuk wanita yang menyusui dengan dugaan atau konfirmasi flu, pengobatan dengan oseltamivir oral saat ini lebih diminati. Data yang tersedia menunjukkan bahwa oseltamivir diekskresikan dengan sedikit dalam ASI.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!