sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara agar Bayi Tetap Bangun saat Menyusu, Bisa dengan Melepas Bajunya

Siti Masitoh   |   Haibunda Sabtu, 24 Sep 2022 07:10 WIB
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. 5 Cara agar Bayi Tetap Bangun saat Menyusu, Bisa dengan Melepas Bajunya/Foto: iStock
Jakarta -

Jika diperhatikan, bayi mudah sekali tertidur saat menyusu ya Bunda, terutama bayi yang baru lahir. Walaupun Si Kecil terlihat lelap, ada kalanya bayi yang baru lahir perlu dibangunkan untuk menyusui.

Melansir laman Romper, kemungkinan Bunda perlu menjaga Si Kecil agar tidak tertidur untuk memastikan mereka diberi makan dengan benar. Dalam hal ini, Sterling Grey-Simmons, spesialis menyusui bersertifikat memberikan tips agar bayi tetap bangun saat menyusu.

Cara agar bayi tetap bangun saat menyusu

“Sering kali saya temukan keluhan ibu tentang bayi yang mengantuk saat menyusu. Mereka pun tak tahu apa yang menyebabkan bayi jadi mudah tertidur. Namun, yang saya sadari kebanyakan bayi yang mengantuk memakai topi, sarung tangan, kaos dalam, piyama, bahkan bedong,” kata Grey-Simmons.


Menurutnya, pantas saja Si Kecil tertidur karena ia mengenakan sesuatu yang nyaman. Jadi Bunda sebaiknya tak langsung menganggap bayi yang tidur saat menyusu berarti ia sudah kenyang ya," katanya. 

Jika terus menganggap kantuk sebagai tanda Si Kecil sudah kenyang, Si Kecil mungkin akan sulit mengalami kenaikan berat badan sesuai dengan usianya karena kurangnya asupan nutrisi dari ASI Bunda.

Secara biologis bayi diprogram untuk tertidur di payudara dan itu merupakan perilaku normal. Hal tersebut sebagian besar disebabkan oleh hormon yang disebut cholecystokinin atau CCK yang membuat bayi merasa kenyang dan mengantuk dan dilepaskan di usus bayi segera setelah mereka mulai mengisap.

Bayi yang lebih muda umumnya memiliki konsentrasi CCK lebih tinggi yang dapat membuat mereka lebih sulit untuk tetap terjaga selama menyusui. Lalu bagaimana cara membuat Si Kecil yang mengantuk tetap terjaga?

Melansir laman Medela.com, ada beberapa hal sederhana dan efektif yang dapat Bunda lakukan untuk membantu agar Si Kecil tetap terbangun saat menyusu.

Klik halaman berikutnya untuk tahu bagaimana cara agar bayi tetap terbangun saat menyusu.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips menyusui sambil tiduran dengan bayi.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA AGAR BAYI TETAP TERJAGA SAAT MENYUSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!