sign up SIGN UP search


menyusui

Perbedaan Gejala Mastitis dan Kanker Payudara, Waspadai Perubahan pada Puting

Siti Masitoh   |   Haibunda Kamis, 13 Oct 2022 07:11 WIB
Ilustrasi payudara caption
Jakarta -

Sebagai pejuang ASI, ibu menyusui tentu sudah tidak asing lagi dengan beragam 'tantangan' yang mungkin hadir selama menyusui Si Kecil. Sebut saja, puting lecet, payudara bengkak, ASI seret, hingga mastitis merupakan kondisi yang umum dialami.

Namun, dengan hadirnya beragam gangguan tersebut, khususnya mastitis, tak jarang ada busui yang tak mampu membedakannya dengan gejala kanker payudara. 

Pasalnya kedua kondisi tersebut memiliki gejala yang mirip ya Bunda. Lalu bagaimana cara membedakannya agar gejala kanker payudara dapat dikenali sedini mungkin? 


Perbedaan gejala mastitis dan kanker payudara 

Pembahasan mengenai kanker payudara memang kerap dihindari kaum Hawa karena merasa cemas jika ciri-ciri gejala kanker ada pada diri mereka. Padahal dengan memahami gejala kanker payudara, bisa membantu Bunda untuk lebih peduli dan menjaga kesehatan lho.

Tahukah Bunda, sekarang ini kasus kanker payudara pada wanita sedang meningkat? Kanker payudara terjadi karena beberapa penyebab, seperti tidak adanya vaksin untuk kanker payudara dan buruknya pola hidup di masa remaja.

"Kanker payudara saat ini adalah penyakit yang paling banyak terjadi pada wanita. Kalau dulu ada kanker serviks dan paru-paru, kini kanker payudara menjadi yang terbanyak diderita oleh wanita dan paling banyak menyebabkan kematian," papar Spesialis Bedah Konsultan Onkologi dr. Yendri Januardi, SpB(K)Onk., dalam IG Live HaiBunda, Selasa (4/10/22).

Selain itu, dr. Yendri juga menjelaskan bahwa obesitas juga menjadi salah satu faktor adanya kanker payudara. Ukuran payudara setiap wanita itu berbeda-beda ya Bunda, menurut paparan dr. Yendri risiko terkena kanker payudara lebih besar terjadi pada wanita yang memiliki payudara besar. Namun, hal ini tidak boleh menjadi patokan kepastian bahwa memang terjadi ya.

“Logikanya kalau ukuran besar, kelanjar payudaranya juga pasti banyak. Jadi memang yang lebih berisiko adalah payudara yang lebih besar untuk terjadinya kanker payudara, tetapi itu tida bisa jadi patokan ya,” kata dr. Yendri.

Klik halaman berikutnya untuk tahu lebih lanjut mengenai perbedaan gejala matitis dengan kanker payudara.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 gejala awal tumor payudara pada ibu menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



PERBEDAAN MASTITIS DAN KANKER PAYUDARA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!