sign up SIGN UP search


menyusui

5 Bunda Seleb Luar Negeri yang Bangga Lakukan Extended Breastfeeding

Siti Masitoh   |   Haibunda Minggu, 23 Oct 2022 11:50 WIB
Gwen Stefani caption
Jakarta -

Setiap ibu memang memiliki pilihan dan kondisi masing-masing untuk bisa menentukan berapa lama menyusui bayinya. Namun tentu, semakin lama menyusui tentu akan membuat Si Kecil mendapatkan manfaat lebih banyak untuk tumbuh kembangnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun merekomendasikan untuk menyusui bayi secara eksklusif selama enam bulan pertama, dan kemudian terus menyusu bersama dengan pemberian makanan padat hingga usia 2 tahun.


Lalu, bagaimana bila ada Bunda yang memutuskan untuk menyusui lebih dari itu? Bisa saja Bunda, metode itu disebut extended breastfeeding atau pemberian ASI dalam jangka waktu yang panjang, lebih dari 1 tahun pertamanya. Bahkan, ada yang menyusui hingga usia balita yakni usia 2-4 tahun. 

Manfaat extended breastfeeding

Memilih untuk menyusui lebih lama itu hak setiap Bunda, tapi memang melakukan memberikan ASI dalam jangka waktu lama, seperti dilansir laman Healthline, memiliki beberapa manfaat baik untuk Bunda maupun Si Kecil.

1. Nutrisi

Mungkin Bunda pernah mendengar perkataan bahwa ASI akan berubah menjadi air atau kekurangan nilai gizi setelah periode tertentu? Itu adalah mitos karena penelitian menemukan bahwa ASI dapat mempertahankan kualitas nutrisinya selama menyusui. Ditambah komposisinya bisa berubah berdasarkan kebutuhan Si Kecil yang sedang tumbuh.

2. Ikatan

Dalam menjalin ikatan dengan Si Kecil memang bisa dilakukan dengan beberapa cara, tapi dengan menyusui bisa menjadi waktu yang digunakan Bunda untuk menyesuaikan diri dengan Si Kecil agar tetap terhubung.

3. Kenyamanan

Menyusui dengan waktu yang lama mungkin akan membuat Bunda sadar bahwa payudara menjadi sumber kenyamanan utama bagi Si Kecil. Menyusui merupakan alat yang luar biasa dalam menenangkan Si Kecil dan membantunya mengatur emosi.

4. Kesehatan masa depan Bunda dan Si Kecil

Extended breastfeeding menawarkan manfaat kesehatan jangka panjang bagi Bunda dan Si Kecil. Menurut AAP, menyusui selama lebih dari enam bulan dapat melindungi Si Kecil dari leukimia dan limfoma. Selain itu juga mengurangi risiko terkena diabetes tipe 1 dan 2.

Sedangkan menurut ABM, menyusui dengan durasi yang lebih lama bisa dikaitkan dengan pengurangan dan perlindungan penyakit pada Bunda, seperti mengurangi risiko kanker payudara, kanker ovarium, diabetes, hipertensi, obesitas, dan serangan jantung

Karena beberapa alasan di atas, tak mengherakan bila tak sedikit Bunda memutuskan untuk menyusui bayinya lebih lama, tak terkecuali para Bunda seleb luar negeri lho. Siapa sajakah mereka? Simak di halaman selanjutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang drama menyusui 4 seleb luar negeri:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT EXTENDED BREASTFEEDING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!