sign up SIGN UP search


menyusui

Ketahui 3 Tahap Produksi ASI dalam Tubuh Bunda hingga Siap Diminum Si Kecil

Siti Masitoh   |   Haibunda Kamis, 27 Oct 2022 13:42 WIB
Mother breastfeeding her newborn baby girl. Baby happy while drinking milk from mother's breast. Vintage color tone. caption
Jakarta -

ASI adalah sumber makanan untuk bayi yang berasal dari tubuh manusia khususnya ibu. Bukan hanya mengandung nutrisi bagi Si Kecil, ASI juga bisa menjadi sumber perlindungan terhadap beragam penyakit, bahkan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

"ASI adalah makanan yang ideal untuk bayi. Aman, bersih dan mengandung antibodi yang membantu melindungi dari banyak penyakit umum pada Si Kecil." demikian penjelasan WHO dikutip dari laman resminya.

ASI terbentuk sebagai respons tubuh terhadap kehamilan dan isapan bayi di payudara, tetapi beberapa Bunda yang belum hamil juga bisa menyusui lho, caranya dengan bantuan hormon, obat-obatan, dan stimulasi seperti memompa.


Komposisi ASI

ASI terdiri dari ratusan zat, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, air, dan hormon. Namun, komposisi tersebut tidak konstan karena setiap Bunda memiliki variasinya sendiri. Bahkan bisa berubah dalam orang yang sama, tergantung kebutuhan Si Kecil.

Melansir laman Verywellfamily, ASI dapat berubah setiap menyusui untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil yang sedang tumbuh. Berikut adalah beberapa perubahan yang bisa terjadi pada komposisi ASI:

  • Percepatan pertumbuhan, ini menyebabkan Si Kecil menyusu lebih sering dan lebih lama dan bisa membantu meningkatkan volume serta kandungan lemak ASI.
  • Apa yang Bunda makan, ini terbukti bisa memengaruhi rasa susu, bahkan memengaruhi preferensi rasa Si Kecil di kemudian hari.
  • Kandungan lemak, diketahui bahwa kandungan lemak dalam susu dapat meningkat setiap kali menyusui. Hindmilk akan menghasilkan lemak hingga dua atau tiga kali lebih banyak daripada foremilk.
  • Siang dan malam, setiap jamnya ASI itu berubah. Misalnya, Di pagi hari ASI mengandung asam amino dengan tingkat yang rendah, ini disebut tryptophan dan di malam hari mengalami peningkatan yang jauh lebih tinggi.
  • Bakteri usus yang menguntungkan, jadi bakteri usus di saluran pencernaan Bunda bisa bermigrasi ke kelenjar susu dan masuk ke ASI. Ini bisa menunjukkan hubungan yang erat antara kesehatan GI Bunda dan Si Kecil.
  • Antibodi, ini diproduksi dalam ASI saat Bunda atau Si Kecil sakit, sehingga bisa melindungi keduanya.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu tahapan terciptanya ASI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang produksi dan manfaat ASI matur untuk bayi.

[Gambas:Video Haibunda]



TAHAP PRODUKSI ASI DI TUBUH BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!