sign up SIGN UP search


menyusui

5 Kerugian bila Bunda Main HP saat Menyusui, Coba Fokus pada Si Kecil Dulu Yuk

Siti Masitoh   |   Haibunda Sabtu, 22 Oct 2022 11:20 WIB
main hp saat menyusui caption
Jakarta -

Di era serba digital ini, semua kegiatan memang lebih mudah dilakukan secara online. Maka itu, tak mengherankan bila sebagian besar orang terlihat kerap berkutat pada perangkat seperti ponsel.

Hal itu juga berlaku pada para Bunda, khususnya ibu menyusui. Bahkan saat menyusui Si Kecil pun kini banyak yang tetap terpaku pada ponselnya. Namun, sebenarnya apakah menggunakan ponsel begitu dekat dengan Si Kecil saat menyusui itu aman? 

Menyusui merupakan momen yang luar biasa yang tidak hanya memberikan Si Kecil nutrisi, tapi juga menjadi media ikatan manis antara Bunda dengannya. Normal bagi Bunda baru jika mengalami kesulitan dengan ritme merawat bayi. Jadi, wajar jika Bunda melakukan banyak tugas sekaligus.


Risiko menggunakan ponsel saat menyusui

Bagi sebagai Bunda mungkin menggunakan ponsel sambil menyusui adalah tindakan produktif karena bisa dilakukan bersamaan. Menggunakan ponsel selama menyusui adalah pilihan setiap Bunda. Beberapa Bunda ada yang memilih bermain ponsel sambil menyusui dan yang lainnya tidak.

Namun, melansir laman laman Milk, terdapat beberapa alasan mengapa beberapa Bunda memilih untuk tidak menggunakan ponsel selama menyusui.

1. Dapat mengalihkan kontak mata

Sebuah penelitian mengatakan bahwa kontak mata antara ibu dan anak selama menyusui merupakan bagian penting dari perkembangan Si Kecil. Terutama dalam enam bulan pertama perkembangannya.

Kontak mata antara Bunda dan Si Kecil bisa membuat emosi dan otak menjadi sinkron yang membantu meningkatkan pembelajaran di masa depan dan keterampilan komunikasi untuknya. Sedangkan, jika Bunda menggunakan ponsel selama menyusui kana menyebabkan hilangnya kontak mata dengan Si Kecil.

2. Si Kecil sulit mendapat perhatian

Menyusui bisa jadi kesempatan Si Kecil mendapatkan perhatian Bunda. Jika Bunda melihat ponsel selama menyusui, Si Kecil akan merasakan adanya perubahan itu dan mulai membuat suara untuk menarik perhatian.

Bayi dapat dengan mudah merasakan apa yang sedang terjadi di sekitarnya karena mereka sangat suka diperhatikan oleh orang-orang yang merawatnya.

Klik halaman berikutnya untuk tahu tiga alasan lain tidak menggunakan ponsel selama menyusui.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 alat bantu menyusui untuk Bunda yang miliki puting tenggelam.

[Gambas:Video Haibunda]



ALASAN TIDAK MENGGUNAKAN HP SELAMA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!