sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Membersihkan Mulut dan Lidah Bayi setelah Minum ASI agar Terhindar dari Jamur

Siti Masitoh   |   Haibunda Rabu, 26 Oct 2022 07:20 WIB
Mulut bayi caption
Jakarta -

Kebersihan mulut tidak hanya untuk anak anak dan orang dewasa lho, bayi juga membutuhkan kebersihan mulut. Membersihkan mulut dan lidah Si Kecil sangat penting untuk menjaga kesehatan mulutnya dan semakin dini dilakukan itu semakin baik.

Karena jika tidak dibersihkan, Si Kecil berisiko mengalami infeksi jamur. Kebersihan mulut dan lidah Si Kecil harus tetap dijaga meskipun umumnya bayi baru tumbuh gigi pada usia sekitar empat bulan. Sisa ASI atau residu susu formula di mulut Si Kecil selama berhari-hari memungkinkan bakteri berkembang biak dalam air liur mereka yang manis.

Pentingnya membersihkan mulut dan lidah bayi setelah minum ASI

Jika warna lidah Si Kecil tampak berubah warna setelah minum ASI, itu hal yang normal karena itu adalah air susu yang menempel di permukaan lidahnya. Namun, jika Bunda melihat luka putih krem di dalam mulutnya, itu mungkin sariawan.


Melansir laman Webmd, sariawan merupakan infeksi jamur umum yang bisa menyebar dengan cepat. Si Kecil yang sedang sariawan biasanya mengalami ketidaknyamanan dan rasa terbakar sehingga membuatnya sulit makan. Bahkan ini dengan mudah menyebar ke puting Bunda.

Membersihkan mulut dan lidah bayi baru lahir

Dalam membersihkan lidah dan gusi Si Kecil relatif sederhana dan tidak memerlukan banyak perlengkapan. Bunda hanya memerlukan air hangat dan kain lap atau kain kasa. Pertama, cuci tangan dengan sabun dan air.

Kemudian, untuk mulai membersihkan, baringkan Si Kecil di pangkuan dengan kepala digendong di tangan. Melansir laman Healthline, inilah cara membersihkan mulut dan lidah Si Kecil setelah minum ASI.

  • Celupkan jari yang tertutup kain kasa atau kain ke dalam air hangat.
  • Buka mulut Si Kecil dengan lembut, lalu gosok perlahan lidahnya dengan gerakan melingkar menggunakan kain atau kain kasa.
  • Gosokkan jari Bunda dengan lembut ke gusi Si Kecil dan juga bagian dalam pipinya.
  • Bunda juga bisa menggunakan sikat jari lembut yang dirancang khusus untuk memijat dan menggosok lembut sisa susu dari lidah dan gusi Si Kecil. Idealnya, sikatlah lidah Si Kecil setidaknya dua kali sehari.

Klik halaman berikutnya untuk tahu lebih lanjut tentang pentingnya membersihkan mulut Si Kecil setelah minum ASI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 cara membersihkan gigi dan mulut Si Kecil.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMBERSIHKAN MULUT DAN LIDAH SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!