sign up SIGN UP search

menyusui

Takut ASI Tak Cukupi Nutrisi Bayi saat DBF? Coba 6 Tips Ini agar Percaya Diri

Siti Masitoh   |   Haibunda Jumat, 28 Oct 2022 07:10 WIB
Ilustrasi Ibu Menyusui caption
Jakarta -

Ada beragam faktor yang memengaruhi kesuksesan proses menyusui terutama saat Bunda ingin menyusui secara langsung atau direct Breastfeeding. Namun, tentu yang terpenting adalah kesiapan dari Bunda baik secara fisik maupun mental.

Karena menyusui memang merupakan masa yang penuh dengan tantangan, tapi bila semua itu mampu dilalui hasilnya akan setimpal karena memiliki manfaat jangka panjang baik untuk Bunda maupun Si Kecil. 

Dalam memberikan ASI kepada Si Kecil memang ada beberapa metode. Bunda bisa menyusui secara langsung (direct breastfeeding) atau bisa dengan memberikan ASI perah yang sebelumnya telah dipompa.


Pilihan cara memberikan ASI kepada bayi memang tergantung dari setiap kondisi Bunda ya. Ada yang bisa lancar saat menyusui langsung, ada juga yang memilih mengombinasikannya dengan ASI perah.

Tips percaya diri saat menyusui langsung

Nah, supaya Bunda dapat merasa lebih percaya diri saat menyusui langsung dengan bayi, bisa mencoba beberapa tips di bawah ini, seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Lakukan skin to skin

Setelah Si Kecil lahir, letakkan dia di dada Bunda untuk skin to skin yakni kontak kulit ke kulit antara Bunda dan Si Kecil. Sebab penciuman, sentuhan, dan suara detak jantung akan membuatnya tenang. Selain itu juga bisa membangunkan refleks makan Si Kecil dan membantu suplai ASI Bunda.

2. Cari posisi terbaik 

Temukanlah posisi terbaik untuk mendapatkan pelekatan yang tepat. Pelekatan yang baik itu penting untuk keberhasilan menyusui. Bunda bisa mulai dengan duduk di kursi yang nyaman dengan sandaran punggung yang pas.

3. Rawat tubuh Bunda

Melansir laman Lancastergeneralhealth, ketika Bunda sedang menyusui, cobalah merawat tubuh sendiri dengan baik dengan:

  • Makanlah makanan sehat, tinggi akan buah-buahan, sayuran serta biji-bijian.
  • Jaga agar tetap terhidrasi dengan air, jus, dan susu. Jangan minum kafein jika akan mengganggu tidur Si Kecil.
  • Jangan merokok atau menjadi perokok pasif karena itu akan mentransfer nikotin ke Si Kecil. Asap rokok bisa meningkatkan risiko SIDS dan penyakit pernapasan.
  • Istirahat sebanyak yang Bunda bisa. Misalnya, cobalah tidur saat Si Kecil tidur.
  • Pantau obat yang dikonsumsi. Meski banyak obat yang aman dikonsumsi saat Bunda menyusui, tetaplah berkonsultasi dengan dokter dalam mengonsumsinya. Sebab dalam beberapa kasus, Bunda dengan kondisi kesehatan kronis mungkin harus mempertimbangkan jalan alternatif untuk menyusui.
  • Rawat puting, biarkan susu mengering secara alami di puting setelah menyusui karena ini bisa menenangkan puting Bunda.

Klik halaman berikutnya untuk tau lebih banyak mengenai tips menyusui.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tips menyusui saat berada di tempat umum.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS SUKSES MENYUSUI LANGSUNG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!