sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Minum Antibiotik, Ketahui 3 Efek Sampingnya pada Bayi

Siti Masitoh   |   Haibunda Senin, 31 Oct 2022 07:10 WIB
Ilustrasi ibu menyusui caption
Jakarta -

Ibu menyusui minum antibiotik terkadang tak terhindarkan bila Bunda harus menjalani pengobatan tertentu. Tapi, apakah busuiĀ tetap boleh memberikan ASI-nya kepada bayi saat sedangĀ mengonsumsi antuibiotik?

Tentu Bunda akan merasa khawatir jika itu akan berdampak pada ASI dan tubuh Si Kecil.

Namun, ternyata penggunaan beberapa antibiotik telah direkomendasikan oleh dokter dianggap aman untuk Bunda yang sedang menyusui. Simak penjelasannya yuk.


Ibu menyusui minum antibiotik

Melansir laman Verywellfamily, antibiotik merupakan obat yang berfungsi untuk melawan infeksi bakteri dalam tubuh. Obat ini tidak membunuh virus, jadi ini hanya boleh dikonsumsi apabila Bunda memiliki infeksi bakteri yang dikonfirmasi.

Jenis antibiotik yang aman diminum busui

Beberapa jenis antibiotik bisa dibilang aman untuk dikonsumsi saat menyusui, sedangkan lainnya harus Bunda hindari. "Antibiotik tertentu dapat ditularkan melalui ASI dan mempengaruhi pertumbuhan tulang bayi, perkembangan gigi, dan dapat memperburuk penyakit kuning," kata Sara Huberman Carbone, MD, seorang dokter anak di One Medical di California.

Jadi, pastikan pada dokter bahwa Bunda sedang menyusui agar dapat diberikan antibiotik yang sesuai. "Jika Anda mengonsumsi antibiotik untuk menghentikan penyebaran infeksi, ada banyak antibiotik yang dianggap aman dikonsumsi saat menyusui, termasuk penisilin dan eritromisin," catat dr. Lindemann.

Efek samping untuk bayi bila ibu menyusui minum antibiotik

Meskipun minum antibiotik saat menyusui itu diperbolehkan, tatap saja ada efek samping yang perlu Bunda ketahui yang mungkin dialami bayi, terutama bila dosis dan kandungannya tidak sesuai dengan rekomendasi dokter.

1. Kotoran Si Kecil mungkin akan berubah sementara

Saat Bunda yang menyusui harus meminum antibiotik, kemungkinan akan berpengaruh terhadap kotoran Si Kecil yang akan lebih encer dari biasanya. Warna kotorannya juga bisa berubah menjadi hijau.

Hal ini tidak memerlukan perawatan apapun karena akan segera kembali seperti semula saat Bunda berhenti meminum antibiotik.

Klik halaman berikutnya yuk untuk tahu lebih lanjut mengenai risiko yang mungkin terjadi jika Bunda menyusui minum antibiotik.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 obat migrain yang aman untuk ibu menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



EFEK SAMPING PADA BAYI BILA BUSUI MINUM ANTIBIOTIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!