sign up SIGN UP search


menyusui

Mengenal Induksi Laktasi, Metode yang Bikin Bunda Bisa Menyusui Tanpa Kehamilan

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 03 Nov 2022 07:10 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption
Jakarta -

Induksi laktasi menjadi cara bagi orang tua asuh untuk memberikan ASI bagi buah hati mereka. Biasanya, cara ini banyak digunakan orang tua asuh atau anak yang diasuh oleh ibu pengganti.

Seiring kecanggihan teknologi, semakin banyak pula orang tua asuh yang tertarik untuk menyusui bayinya melalui induksi laktasi. Karena, laktasi yang diinduksi bekerja paling baik dengan bayi baru lahir atau bayi yang berusia sangat muda.

"Bagi yang ingin mempraktikkannya, cara terbaik mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu ya, Bunda. Idealnya, Bunda mungkin akan membutuhkan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan sebelum bayi lahir," ujar Melisssa A Kurke, R.N, I.B.C.L.C, seperti dikutip dari laman Mayo Clinic.


Mengenal metode induksi laktasi

Dengan dedikasi dan persiapan yang cukup, biasanya menyusui tanpa kehamilan (induksi laktasi) dapat dilakukan. Biasanya, produksi alami ASI dipicu oleh interaksi kompleks antara tiga hormon yakni estrogen, progesteron, dan human placental lactogen selama bulan-bulan terakhir kehamilan. Saat melahirkan, kadar estrogen dan progesteron turun yang memungkinkan hormon prolaktin meningkat dan mulai memproduksi ASI.

Induksi laktasi keberhasilannya tergantung pada replikasi proses tersebut. Jika Bunda memiliki waktu berbulan-bulan untuk mempersiapkannya, tim medis mungkin meresepkan terapi hormon seperti estrogen dan progesteron tambahan untuk meniru efek kehamilan. Terapi hormon dapat berlangsung selama berbulan-bulan.

Sekitar dua bulan sebelum mulai menyusui, Bunda mungkin akan menghentikan terapi hormon dan mulai memompa payudara dengan pompa payudara elektrik tingkat rumah sakit. Ini akan mendorong produksi dan pelepasan prolaktin. 

Pada awalnya, pompa selama 5 menit tiga kali sehari. Bekerja hingga memompa selama 10 menit setiap empat jam, termasuk di malam hari. Kemudian, tingkatkan waktu pemompaan menjadi 15 hingga 20 menit setiap 2 hingga 3 jam. Lanjutkan sampai bayi lahir.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang mengenal metode induced lactation, menyusui tanpa kehamilan.

[Gambas:Video Haibunda]



INDUKSI LAKTASI, METODE MENYUSUI TANPA HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!