sign up SIGN UP search


menyusui

Ini Dia Penyebab Siklus Menstruasi Bunda Tidak Teratur saat Menyusui

Siti Masitoh   |   Haibunda Rabu, 02 Nov 2022 14:55 WIB
Ladies, Kenali 5 Efek Samping Minum Kopi Saat Menstruasi! caption
Jakarta -

Saat menyusui, mungkin ada Bunda yang mengalami siklus haid yang tidak teratur. Ternyata, menyusui memang bisa menunda menstruasi lho. Bahkan bisa terjadi lebih dari sembilan bulan.

Bagi beberapa Bunda yang memang ingin menunda menstruasi, mungkin ini bukan masalah. Tapi, bagi Bunda lainnya bisa saja hal ini membuat frustrasi. Jadi, apa sih yang menyebabkan siklus menstruasi berantakan saat menyusui?

Penyebab siklus menstruasi tidak teratur saat menyusui

Saat Si Kecil lahir, tubuh Bunda telah dilengkapi dengan nutrisi alami yang dibutuhkan untuk menyusui. ASI memang tampak terlihat muncul begitu saja saat Si Kecil lahir, tapi ternyata tidak seperti itu.


Faktanya, ada hormon yang membantu mendukung kehamilan Bunda, begitu juga dengan menyusui. Prolaktin merupakan hormon utama yang bertanggung jawab dalam memproduksi ASI. Ini diproduksi oleh kelenjar pituitari yang berada di otak.

Beberapa Bunda bisa mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur setelah menyusui sebagai respons transisi hormon. Hormon tersebut adalah prolaktin.

Menyusui akan menjaga kadar hormon ini tetap tinggi. Sehingga semakin lama menyusui, semakin besar kemungkinan Bunda akan mengalami menstruasi ringan atau tidak menstruasi sama sekali.

“Ketika seorang wanita menyusui, siklus menstruasi kembali sangat bervariasi dari wanita ke wanita, tetapi paling kuat berkorelasi dengan reaksinya terhadap hormon menyusui dan seberapa sering bayinya menyusu,” kata Sarah Schooler, konsultan laktasi bersertifikat internasional dikutip dalam Romper.

Namun, jika Bunda menyapih Si Kecil lebih cepat, memungkinkan periode menstruasi akan kembali relatif cepat. “Rata-rata, siklus wanita kembali pada 14 hingga 15 bulan pasca persalinan, tetapi menstruasi wanita memiliki peluang lebih besar untuk kembali lebih cepat jika frekuensi menyusuinya berkurang,” jelas Schooler.

Klik halaman berikutnya untuk tahu lebih lanjut mengenai penyebab siklus haid menjadi tidak teratur selama menyusui.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips memperbanyak ASI saat menstruasi.

[Gambas:Video Haibunda]



KAPAN SIKLUS MENSTRUASI NORMAL KEMBALI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!