sign up SIGN UP search

menyusui

Ketahui Frekuensi Normal BAB pada Bayi ASI, Kenali juga Teksturnya Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Sabtu, 12 Nov 2022 07:10 WIB
Ilustrasi Cara Memilih Popok Bayi yang Tepat caption
Jakarta -

Saat menyusui, apakah Bunda tahu berapa frekuensi normal BAB Si Kecil yang masih menyusui? Melansir laman Medicalnewstoday, normalnya kotoran bayi ASI yang sehat adalah berwarna kuning kecokelatan atau hijau, berlumpur, dan terkadang sedikit berair. Tapi, bagaimana ya penjelasan tentang hal itu? Simak yuk penjelasan di bawah ini!

"Salah satu hal terpenting bagi bayi baru lahir adalah mereka tetap buang air besar. Itu menandakan saluran pencernaan berfungsi sebagaimana mestinya. Hampir semuanya (jenis) normal," kata kepala gastroenterologi dan nutrisi pediatrik di Rumah Sakit Anak McMaster di Hamilton, Ontario itu, dikutip dari Today's Parents.

Biasanya, pada minggu-minggu awal kehidupan Si Kecil, Bunda tentu khawatir apakah Si Kecil itu sehat, mendapat cukup makanan, dan sensitif terhadap susu formula atau ASI. Harus diketahui, bahwa beberapa hari pertama setelah melahirkan, Si Kecil mungkin mengeluarkan tinja yang kental dan berwarna kehitaman.


Frekuensi dan tekstur BAB bayi ASI

Untuk mengetahui apakah Si Kecil sehat dan mendapat cukup makanan, Bunda bisa memantau dari kotorannya karena pada minggu-minggu awal kehidupan, Si Kecil mulai membentuk kebiasaan makan dan buang air besar.

Setiap bayi itu berbeda, jadi Bunda bisa memantau kotorannya dengan memerhatikan pola biasanya. Jika terjadi perubahan pola, mungkin saja ada masalah yang terjadi, walaupun bisa juga hanya pertanda perubahan pola makan Si Kecil atau pola makan Bunda.

1. Warna

Warna dari kotoran Si Kecil yang disusui normalnya harus berwarna cokelat muda sampai sedang, hijau atau kuning. Beberapa bayi juga memiliki remah-remah seperti biji keputihan atau kuning di kotorannya.

Warnanya cenderung cukup cerah sehingga membuat sebagian Bunda khawatir Si Kecil mengalami diare, khususnya jika terjadi saat peralihan dari mekonium ke kotoran bayi normal. Jika kotoran Si Kecil yang disusui berwarna sangat gelap setelah meconium keluar, ini tidak normal Bunda. Kotoran hitam ini bisa menandakan adanya masalah.

Melansir laman Healthline, segera hubungi dokter jika Si Kecil memiliki kotoran seperti berikut:

  • Merah
  • Berdarah
  • Hitam
  • Abu-abu pucat atau putih

Klik halaman berikutnya untuk tau lebih lanjut tentang frekuensi normal BAB pada bayi ASI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo BankĀ di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 makanan untuk busuiĀ agar BAB bayi lancar.

[Gambas:Video Haibunda]



BAGAIMANA KOTORAN BISA BERUBAH DENGAN MAKANAN PADAT?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!