sign up SIGN UP search

menyusui

Cara Memilih dan Memakai Bra Menyusui yang Tepat agar Payudara Nyaman

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 12 Dec 2022 15:42 WIB
Pilihan bra menyusui caption
Jakarta -

Cara memilih dan memakai bra menyusui yang tepat penting diketahui para ibu menyusui. Dengan pemilihan bra menyusui yang tepat, payudara pun mendapatkan penopang yang maksimal guna menjaga kenyamanan serta keindahannya selama Bunda menyusui.

Memilih bra menyusui menjadi salah satu investasi ya, Bunda. Apalagi, selama menyusui, payudara membesar dan membutuhkan penyangga yang maksimal manfaatnya guna memberikan kenyamanan pada busui.

"Tidak memiliki penyangga yang tepat saat payudara paling membutuhkannya dapat membuat menyusui menjadi pengalaman yang tidak nyaman dan paling buruk,"ujar Attie Sandink, Konsultan Laktasi di Burlington, seperti dikutip dari laman Todaysparent.


Cara memilih dan memakai bra menyusui 

Selain itu, pemilihan bra menyusui yang tidak tepat dapat menyebabkan berbagai masalah menyusui ya, Bunda. Seperti masalah infeksi jamur dan lecet puting hingga saluran tersumbat dan mastitis, infeksi serius pada jaringan payudara serta lainnya.

Guna memproteksi hal tersebut, tentu saja Bunda perlu memilih bra menyusui yang tepat. Berikut ini beberapa tips yang bisa dijadikan panduan ya, Bunda:

  • Dapatkan ukuran yang tepat

Saat Bunda menginginkan lebih banyak dukungan atau bra menyusui yang lebih pas, dapatkan ukuran bra berstruktur untuk diri sendiri di maternity boutique atau department store

Sebaiknya, pastikan bra menyusui yang dipilih dapat menampung semua bagian payudara dengan baik. Payudara tidak boleh menonjol keluar dari cup. Jika ini terjadi, belilah ukuran cup yang lebih besar. Dan, dapatkan bra yang pas dan nyaman di kait paling longgar.

Bunda dapat melakukan tes dengan mengenakan bra selama lima menit. Dengan begitu, Bunda mendapatkan bra menyusui yang memang-memang pas dan dapat melindungi payudara dengan maksimal.

  • Hati-hati dengan bra berkawat

Tidak ada bukti bahwa pilihan ini tidak baik-baik saja ya, Bunda. Namun, konsensus umum di antara konsultan laktasi ialah menunggu enam minggu pasca persalinan sebelum mengenakan bra, sehingga suplai ASI dapat menemukan ritmenya.

Jika bra terlalu ketat, keberadaan kawat dalam bra tidak memungkinkan sirkulasi darah atau limfatik yang baik ke dan dari payudara. Dan, tekanan ini bisa menyebabkan penyumbatan, nyeri, dan infeksi.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 solusi atasi puting lecet.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMILIH DAN MEMAKAI BRA MENYUSUI (NURSING BRA) YANG TEPAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!