sign up SIGN UP search

menyusui

Bolehkah ASI Kurang Ditambah Susu Formula? Ada Efek Sampingnya lho Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 25 Dec 2022 07:50 WIB
Close Up Of Loving Mother Feeding Newborn Baby Son With Bottle At Home caption
Jakarta -

ASI kurang ditambah susu formula banyak ditempuh ibu menyusui saat mereka khawatir pasokan ASI-nya yang minim. Harapannya, pilihan ini dapat mensubsidi kekurangan ASI yang didapatkan bayi.

Menyusui memang bisa sangat bermanfaat sekaligus menjadi tantangan tersendiri. Bermanfaat karena ASI menjadi nutrisi terbaik yang bisa diberikan pada Si Kecil dan berubah menjadi tantangan karena busui perlu memastikan pasokan ASI mereka maksimal untuk memenuhi kebutuhan bayinya.

Sementara di satu sisi, sering kali berbagai faktor mempengaruhi persediaan ASI ibu. Alhasil, ketersediaan ASI mereka menjadi minim dan ibu menjadi khawatir kalau ASI-nya tidak mencukupi kebutuhan Si Kecil. Keputusan untuk menambahkan susu formula pun kemudian dilakukan meski sebenarnya akan memberikan efek samping pada persediaan ASI ibu nantinya.


ASI kurang ditambah susu formula, bolehkah?

Saat Bunda menambahkan susu formula pada bayi ASI, tentu ada konsekuensi yang muncul nantinya ya, Bunda. Termasuk risiko bahwa pasokan ASI Bunda mungkin akan berkurang, seperti dikutip dari laman Healthline.

Dengan menambahkan susu formula, baik itu melengkapi dengan susu formula langsung ataupun mencampurkan susu formula dan ASI ke dalam satu botol, dapat menyebabkan berkurangnya suplai ASI Bunda.

Kemudian, ASI yang dicampur dengan susu formula memiliki umur simpan yang jauh lebih pendek daripada ASI saja. Botol yang berisi keduanya pun harus dibuang dalam waktu satu jam setelah penggunaan awal.

Dikatakan Jeanne Cygnus, IBCLC, RLC, tidak perlu beralih ke susu formula sepenuhnya karena ASI dalam jumlah berapa pun akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi bayi. Untuk itu, cobalah untuk memulai membangun stok ASI di freezer sebelum kembali bekerja.

Hal tersebut dapat memberikan ketenangan pikiran ekstra bagi Bunda saat tiba waktunya kembali bekerja. Buatlah stok ini dengan memompa setidaknya sekali sehari selama beberapa minggu sebelum kembali bekerja. Semakin banyak waktu yang dimiliki untuk mengerjakan, semakin baik.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 dampak pemberian ASI diselingi susu formula.

[Gambas:Video Haibunda]



ASI KURANG DITAMBAH SUSU FORMULA, INI EFEK SAMPINGNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!