sign up SIGN UP search

menyusui

4 Posisi Tidur yang Nyaman untuk Ibu Menyusui agar Payudara Tak Tertekan

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 11 Jan 2023 09:40 WIB
Ibu Menyusui Sambil Tidur caption
Jakarta -

Posisi tidur yang nyaman untuk ibu menyusui agar payudara tak tertekan penting diketahui para busui. Sehingga, tidak saja membuat istirahat mereka berkualitas tetapi juga menciptakan kenyamanan pada payudaranya.

Setelah berjuang menemukan posisi yang nyaman selama kehamilan, ternyata mencari posisi tidur yang nyaman selama menyusui juga menjadi tantangan tersendiri bagi para busui. Apalagi, busui juga perlu bangun malam untuk menyusui Si Kecil.

Dengan tantangan tersebut, Bunda sebenarnya tak perlu khawatir berlebihan. Di satu sisi, menyusui ternyata juga memberikan manfaat bagi ibu yakni memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas tidur ibu. Ya, meski membuat busui terjaga di malam hari, tetapi menyusui dapat membantu Bunda dan bayi tidur lebih nyenyak lho, menurut penelitian.


Posisi tidur yang nyaman untuk ibu menyusui 

Secara kasat mata, sepertinya menyusui sangat mengganggu tidur karena Bunda harus bangun beberapa kali di malam hari untuk menyusui dan Bunda bekerja sepanjang hari dan sepanjang malam secara fisik dan emosional. 

Tetapi, ada cara ilmiah bahwa ASI bekerja untuk melindungi tidur, jelas Hira Shaheen, MD, konsultan medis untuk Volant Aroma yang berbasis di Dubai. "Penelitian menunjukkan bahwa ibu yang menyusui secara eksklusif tidur lebih lama daripada mereka yang mengandalkan susu formula," katanya seperti dikutip dari laman Saatva.

Hormon tertentu dalam tubuh seperti prolaktin yang membantu tubuh memproduksi susu dapat berperan dalam hal ini. Prolaktin membantu ibu beradaptasi dengan stres merawat bayi dengan mempromosikan perilaku mengasuh dan mengurangi gangguan tidur. Ini bertanggung jawab untuk pengaturan tidur dan perpanjangan fase tidur gerakan mata cepat (REM).

Singkatnya, jika Bunda sedang menyusui, Bunda mungkin tertidur dengan cepat dan menghabiskan lebih banyak waktu dalam fase tidur nyenyak ini. Hubungan ini juga dua arah. Tidur yang lebih baik meningkatkan suplai ASI dengan meningkatkan kadar prolaktin.

ASI yang dihasilkan tubuh di malam hari juga mengandung hormon tidur melatonin yang dapat membantu Bunda dan bayi tertidur. Selain itu, menyusui juga dapat membuat tubuh rileks karena pelepasan hormon oksitosin membantu Bunda tertidur kembali di tengah malam.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tips agar busui tak cepat lelah:

[Gambas:Video Haibunda]



POSISI TIDUR YANG NYAMAN UNTUK IBU MENYUSUI AGAR PAYUDARA TAK TERTEKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!