menyusui

Penyebab Anak 2 Tahun Sulit Disapih, Ternyata Ia Semakin Menikmati Rasa ASI

Dwi Indah Nurcahyani   |   HaiBunda

Senin, 14 Aug 2023 08:05 WIB

Jakarta -

Usai 2 tahun, biasanya Si Kecil sudah waktunya disapih. Hanya saja, banyak juga anak yang sulit disapih. Kira-kira apa ya, penyebab anak 2 tahun sulit disapih? Yuk, cari tahu lebih lanjut, Bunda.

Proses meng-ASIhi memang sangatlah panjang ya, Bunda. Setelah sukses mengASIhi selama 2 tahun biasanya tantangan Bunda berikutnya yakni bagaimana mengakhiri proses menyusui tersebut dengan Si Kecil.

Pada fase ini, secara bertahap agenda menyusui dikurangi perlahan sampai akhirnya anak benar-benar stop dari ASI. Mungkin tampak terdengar mudah ya, Bunda, tetapi banyak busui yang akhirnya maju mundur di tahapan ini karena merasa enggak tega melihat anaknya tetap semangat menyusu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Penyebab anak 2 tahun sulit disapih

Alhasil, tak sedikit busui yang tetap melanjutkan pemberian ASI sampai anaknya berusia 3 tahun atau bahkan 4 tahun, Bunda. Apalagi, Si Kecil semakin lengket dengan payudara Bunda karena ternyata ASI yang mereka rasakan semakin enak ya, Bunda.

Dikatakan dr Ameetha Drupadi, CIMI, ternyata memang ASI itu kaya rasa, Bunda, dan rasanya tidak bisa digantikan dengan apa pun. Berbeda degan susu formula yang rasanya cenderung monoton karena dari 1-6 bulan saja rasanya enggak berubah.

"Kalau ASI itu beda, rasanya tidak sama. Misalnya Bunda makan makanan cenderung gurih, ASI jadi ikut gurih. Kalau kita senang makan makanan manis atau buah-buahan tertentu, itu kan sarinya masuk ke ASI, sehingga anak sangat menikmati. Mereka pun menyukai rasa ASI," kata dr Ameetha melalui perbincangan di IG Live dengan HaiBunda baru-baru ini.

Ya, rasa ASI yang beragam tersebut memang jadi daya tarik tersendiri bagi Si Kecil ya, Bunda. Apalagi, produksi ASI juga menyesuaikan dengan kebutuhan Si Kecil sehingga akan berbeda satu sama lainnya. Bahkan, rasa ASI pun diketahui jauh lebih enak lho, Bunda, ketika anak di atas 2 tahun.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik diĀ SINI. Gratis!

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT