MOM'S LIFE

Dukungan Suami Bikin Enno Lerian Makin Semangat di Kehamilan ke-4

Amelia Sewaka 19 Okt 2017
Dukungan Suami Bikin Enno Lerian Makin Semangat di Kehamilan ke-4 (Foto: Ismail/detikHOT) Dukungan Suami Bikin Enno Lerian Makin Semangat di Kehamilan ke-4 (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta - Namanya wanita lagi hamil, pastinya butuh banget dukungan dari orang-orang tercinta, terutama suami. Ini pula yang dirasakan mantan penyanyi cilik, Enno Lerian, di kehamilannya yang ke-4.

Enno mengakui, suaminya bukanlah tipe pemberi kejutan atau berlaku manis untuk mendukungnya. "Nggak ada yang beda sih, dia (suami) juga bukan tipe yang suka kasih surprise. Kebetulan dia (suami) suka anak-anak, dia senang rumah kita tuh ramai sama anak-anak jadi dia nggak merasa direpotkan aku yang lagi hamil sih," tutur Enno di sela-sela Pekan Menggendong Sedunia 2017 yang digelar Indonesia Baby Wearers (IBW) Jabodetabek di Club Kembang, Kemang, beberapa hari lalu.

"Dia (suami) malah punya keasyikan sendiri dengan kerepotannya di rumah bareng anak-anak dan dia punya kebanggaan sendiri. Jadi dia support aku banget," lanjut Enno.

Baca juga: Kisah Dukungan Suami pada Istri yang Tubuhnya Terlalu Berisi

Keadaan yang lagi hamil dan anak-anaknya yang masih butuh perhatian membuat Enno agak kelimpungan, akhirnya beberapa tugas pun dibagikan ke suami. "Awalnya aku bukan tipe yang percaya sama dia (suami) apalagi urusan anak. Tapi ke sini-sini aku kasih dia kesempatan mulai dari mandiin anak, masakin dan kasih makan anak dan segala macamnya," jelas Enno.

Dengan begini menurut Enno, suaminya jadi merasakan bagaimana mengurus anak dari awal dan bonding dengan sang anak juga jadi lebih erat. Karena sering terlibat dalam mengurus anak, anak mereka yang paling kecil pun jadi lebih lengket dengan ayahnya.

"Malah sekarang karena yang kecil tahu ada adiknya jadi aku harus nyusuin, selalu cari ayahnya terus ya karena bonding itu tadi," papar Enno.

Nggak hanya itu, Bun, diakui Enno semenjak mereka tinggal terpisah dari orang tua, suami Enno juga nggak segan ikut melakukan pekerjaan rumah tangga.

"Suamiku kan tipikal yang nggak suka rumah berantakan atau kotor, dia pikir kalau nunggu aku yang beresin kelamaan akhirnya yaudah dia sendiri yang bersihin," lanjut Enno.

Bahkan suami Enno juga nggak risi saat harus mengepel lantai, Bun. Walaupun kata Enno, mengepelnya nggak bersih banget, namun Enno sangat bersyukur suaminya penuh inisiatif untuk membantunya. Apalagi Enno bukanlah tipe orang yang suka menyuruh atau meminta.

Baca juga: Ingat Ya Para Suami, Dukungan Anda Penting untuk Keberhasilan Istri Menyusui

"Dia (suami) tuh ngepel kalau udah malam ketika anak-anak udah tidur. Aku juga jadi mikir, iya juga ya besok ngepel malam bikin aku punya waktu fokus ke anak jadi beres-beresnya ketika anak udah pada tidur jadi besok paginya udah repot yang lain lagi," papar istri dari Priambodo Soesetyo ini.

Enno bersyukur banget, meski sang suami sibuk dengan pekerjaan di siang hari. Namun masih menyempatkan diri mengurus anak-anak dan mengurus pekerjaan rumah. So sweet ya.

Baca juga: Tanpa Dukungan Suami dan Keluarga, Produksi ASI Bisa Menyusut Lho

"Paling sih aku suka bilang, kalau aku lagi nidurin si kecil kamu bawa pergi Abi atau kamu ajak pergi Abi, mandiin dan nyuapin Abi. Awalnya memang dikasi tahu tapi lama-lama dari situ kebiasaan dan nggak perlu nunggu disuruh," tutur Enno.

Berbicara urusan anak, Enno dan suami adalah tipe orang tua yang cuek. Cuek dalam arti apa adanya dan jalanin yang ada di depan mata, "Kita nggak mau ada aturan yang gimana banget, yang menurut kita nyaman aja sih," ucap Enno.

Karena menurut Enno, anak itu nggak bisa dipatokin dengan aturan yang sama. Apalagi anak-anak moodnya suka naik turun, jadi memang disesuaikan dengan kebutuhan.

"Misal nih anakku yang pertama caranya harus tarik ulur, tapi nggak mungkin aku pakai cara itu ke anak kedua. Jadi memang, beda anak beda penerapannya," tutur Enno.

Intinya anak harus tahu mana benar mana salah, selebihnya mengikuti alur saja. Jika anak salah, tetap ia dan suami beritahu. Namun jika masih 'ngeyel', ia dan suami akan tunggu anak dapat dampak negatifnya.

"Jadi ketika itu aku bisa bilang, 'Tuh kan, Bunda bilang apa...'. Lebih kayak gitu daripada ngomel," tutup Enno. (aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi