MOM'S LIFE

Tanda-Tanda Suami Selingkuh

Radian Nyi Sukmasari 08 Des 2017
Tanda-tanda suami selingkuh (Foto: Infografis/ Mindra Purnomo) Tanda-tanda suami selingkuh (Foto: Infografis/ Mindra Purnomo)
Jakarta - Bicara soal perselingkuhan suami, salah satu pertanyaan yang sering terbesit di benak para istri adalah 'suamiku selingkuh nggak ya?'. Nah, pertanyaan kayak gitu sebetulnya bisa dijawab dengan melihat tanda-tanda yang ditunjukkan suami secara nggak langsung.

Sama kayak segala hal dalam kehidupan ini, Bun. Perselingkuhan yang dilakukan suami juga ada tandanya kok. Cuma, seperti kata psikolog sekaligus konselor perkawinan Adriana S Ginanjar, ketika kita curiga sama suami karena menangkap sinyal atau tanda dia selingkuh, kita perlu meyakinkan hal itu.

"Istri perlu punya bukti lain yang lebih meyakinkan. Akan lebih baik kalau istri bisa mengungkapkan kecurigaannya ke suami baik-naik. Mintalah suami lebih terbuka kalau memang nggak ada hubungan lain di luar perkawinan," kata Adriana dalam bukunya 'Pelangi di Akhir Badai'.

Nah, Adriana ngasih beberapa hal yang dilakukan suami dan bisa jadi tanda-tanda dia berselingkuh:

Tanda-tanda suami selingkuhTanda-tanda suami selingkuh (Foto: Infografis/ Mindra Purnomo)


Coba deh, Bun, pikirkan biasanya gimana sih sikap suami kalau pas lagi sama kita dan anak-anak? Kalau dia menunjukkan sikap yang beda dari biasanya, lebih baik Bunda mulai memperhatikannya. Misal, tiba-tiba suami nunjukkin sikap bosan, nggak peduli, dan nggak terusik sama apapun padahal biasanya dia perhatian banget. Bisa jadi selingkuh belum dilakukan tapi ada hal lain di luar sana yang bikin pikiran suami 'penuh'.

"Sikap acuh tak acuh merupakan sinyal paling umum. Tapi kalau cuma terjadi sesekali penyebabnya bisa faktor lain misalnya lagi banyak pekerjaan. Nah, bisa juga sebaliknya kalau suami biasa bersikap biasa tapi sekarang agak berlebihan atau perhatian banget, siapa tahu itu pengaruh mood-nya yang lagi senang karena ada hal lain di luar sana yang bikin suami bergairah," kata Adriana.

Tanda-tanda suami selingkuhTanda-tanda suami selingkuh (Foto: Infografis/ Mindra Purnomo)


Kata Adriana, kalau tiba-tiba suami sering mengeluhkan sikap kita, perlu waspada nih. Soalnya, bisa jadi ada pembanding di luar sana yang pastinya kelihatan lebih unggul di mata orang yang lagi dimabuk cinta.

Tanda-tanda suami selingkuhTanda-tanda suami selingkuh (Foto: Infografis/ Mindra Purnomo)


Banyak lembur, tugas luar kota, atau meeting dadakan bisa jadi kamuflase perselingkuham. Apalagi, kalau Bunda sering mendengarkan alasan itu padahal yang dilakukan suami nggak lumrah di profesinya. Misalnya suami jadi sering lembur padahal selama ini nggak pernah lembur.

Sinyal lain yang bisa jadi mengarah ke perselingkuhan suami yaitu dia punya kegiatan baru yang sebelumnya nggak pernah diikuti tapi sekarang jadi hobi nomor satunya. Anehnya lagi, Bun, suami nggak mengizinkan kita ikut kegiatan itu. Alasannya sih demi kenyamanan kita, tapi ketika memang dia selingkuh bisa jadi tujuan utamanya biar nggak ada kehadiran kita.

Tanda-tanda suami selingkuhTanda-tanda suami selingkuh (Foto: Infografis/ Mindra Purnomo)


Kayak kita pas lagi jatuh cinta, terlihat menarik di depan orang yang kita sukai bisa dilakukan. Salah satunya demngan memperhatikan penampilan. Nah, mengubah penampilan juga bisa terjadi ketika suami udah berselingkuh. Kok bisa?

"Ya, karena selera wanita itu sedikit banyak akan memengaruhi penampilannya. Pada dasarnya pria senang dilayani dan diperhatikan. Ada saatnya apa yang dilakukan istri nggak lagi berkesan untuknya sehingga saat ada sentuhan perhatian yang berbeda, dia menurut," kata Adriana.

Tanda-tanda suami selingkuhTanda-tanda suami selingkuh (Foto: Infografis/ Mindra Purnomo)


Selingkuh juga butuh biaya kan, Bun? Karena itu, pengeluaran untuk berselingkuh bisa ditutupi suami sehingga dia jadi terkesan nggak terbuka lagi nih sama mengalirnya uang selama ini ke mana aja. Untuk meyakinkan aliran uang suami yang nggak jelas ini, kita bisa menelusurinya misalnya lewat tagihan atau transaksi perbankannya.

"Atau suami tiba-tiba jadi selalu menyediakan uang cash dalam jumlah cukup besar di dompetnya," ujar Adriana.

Tanda suami selingkuhTanda suami selingkuh (Foto: Infografis/ Mindra Purnomo)


Ciri khas lain suami yang berselingkuh adalah tanggapan berlebihan pada kecurigaan yang dilontarkan istri. Suami bisa marah-marah supaya istri menghindari konflik. Atau, malah tutup mulut biar istri nggak makin mencecarnya dengan pertanyaan. Bisa juga suami malah menjaga jarak sama kita dan menghindari pertanyaan istrinya.

"Suami bisa langsung ngeloyor atau pergi gitu aja, atau kasih jawaban pendek kayak ya dan tidak ketika istri mengajaknya bicara tentang sesuatu yang bersifat pribadi atau sedikit lebih intim," kata Adriana.

Tanda suami selingkuhTanda suami selingkuh (Foto: Infografis/ Mindra Purnomo)


Pada suami istri yang hubungannya cukup baik, bisa jadi hubungan seksknya jadi lebih bagus. Mungkin peneybabnya adalah gairah di luar terbawa ke rumah. Tapi kalau hubungan suami istri pada dasarnya nggak harmonis, suami yang berselingkuh biasanya bakal berhenti total berhubungan seks atau gaya bercintanya berubah, diwarnai permintaan yang aneh-aneh.

"Sinyal-sinyal itu bisa cuma muncul beberapa atau semuanya, tergantung situasi dan kondisi pasangan yang berselingkuh. Tapi, kemunculan tanda-tanda itu jangan serta merta bikin istri menuduh suami selingkuh. Istri perlu penelusuran lebih lanjut sebagai langkah pembuktian," kata Adriana. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi