MOM'S LIFE

Me Time Seperti Ini Bikin Nadya Hutagalung Lebih Tenang

Amelia Sewaka 20 Agu 2018
Me Time Seperti Ini Bikin Nadya Hutagalung Lebih Tenang/ Foto: (nadyahutagalung/Instagram) Me Time Seperti Ini Bikin Nadya Hutagalung Lebih Tenang/ Foto: (nadyahutagalung/Instagram)
Denpasar, Bali - Tahu Nadya Hutagalung kan, Bun? Melihat wajahnya sejak belasan tahun lalu hingga sekarang kayaknya nggak banyak berubah alias awet muda. Dirinya pun menjalani perannya sebagai ibu dengan tenang. Apa rahasianya ya?

Ternyata Nadya Hutagalung yang tinggal di Singapura dan Bali ini punya 'me time' khusus. Sepertinya me time ini membuatnya lebih tenang. Apa me time-nya? Jawabnya: meditasi.

Ya, meditasi alias kegiatan pemusatan pikiran dan perasaan ini sering dilakukan perempuan yang punya hobi memasak ini. Seperti dalam unggahan foto Instagram-nya, Nadya Hutagalung mengatakan ia sangat bersyukur di hari Minggu ini ia punya waktu di rumah untuk membersihkan 'gua'nya.

"Bernapas, memusatkan (pikiran), merefleksikan, dan bermimpi. Semua hal ini sangat penting untuk kesejahteraan kita sendiri. Luangkan waktu untuk memupuk diri sendiri sehingga kita bisa menjadi superwomen di di waktu lain," tulis Nadya Hutagalung.


[Gambas:Instagram]



Ya, sebagai ibu kita pun butuh waktu untuk diri sendiri. Bukan egois, Bun, tapi ini demi kelancaran segala aktivitas yang kita lakukan juga. Nggak mau kan menghadapi suami dan anak hanya dengan marah-marah atau keluhan karena tidak mendapat waktu istirahat. Nah, salah satunya yang patut dicoba adalah dengan meditasi seperti dilakukan Nadya Hutagalung.

Manfaat Meditasi untuk Ibu Multitasking

Kim Foster, seorang dokter umum dan ibu dua anak di Victoria, memandang meditasi sebagai 'obat penawar' yang sempurna untuk ibu multitasking.

"Sebagai ibu, kami tidak pandai merawat diri sendiri. Meditasi memungkinkan kita untuk terhubung dengan masa sekarang dan bukannya terus-menerus melihat ke depan dan merencanakan beberapa langkah berikutnya di hari-hari kita," tutur Kim dilansir Today Parents.

Alyson Pancer, pekerja sosial klinis sekaligus terapis perilaku kognitif atau mindfulness therapist dan juga ibu dua anak di Toronto, merekomendasikan meditasi sebagai alat untuk mengatasi tantangan sehari-hari menjadi orang tua. Baik saat kita sedang berurusan dengan anak kita yang tantrum, kegiatan tidur rutin, pekerjaan sekolah, atau pekerjaan lain yang harus dilakukan.


"Meditasi mengajarkan kita untuk bernapas melalui perasaan yang sulit, alih-alih menekannya. Jika kita menghadapi tekanan saat itu terjadi, kita dapat mencegah kegelisahan agar tidak menumpuk seiring waktu," papar Alyson.

Alyson sendiri mengaku mendapat manfaat meditasi dalam hidupnya. Ia jadi tidak emosional dan lebih jelas dalam mendapatkan perspektif tentang apa yang terjadi.

"Jika saya memiliki momen pengasuhan yang buruk, saya dapat mengenalinya sebagai momen yang buruk alih-alih menyalahkan diri sendiri. Saya mengakuinya, maju terus dan bangkit mencoba menyelesaikannya di situasi yang berbeda pada waktu selanjutnya," tambah Alyson.

Nah, gimana, Bun, berminat untuk mencoba meditasi juga? (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi