moms-life

Pentingnya Quality Time One on One sama Anak

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 21 Dec 2017 19:00 WIB
Pentingnya Quality Time One on One sama Anak
Jakarta - Punya anak lebih dari satu, Bun? Kalau iya, Bunda dan Ayah tahu nggak sih kita sebagai orang tua juga perlu punya waktu sendiri sama masing-masing anak. Jadi one on one gitu, Bun.

Memang kebersamaan itu indah. Bisa menghabiskan waktu sama anak-anak dan pasangan dengan formasi lengkap pasti terasa menyenangkan. Tapi tetap aja, Bun, dalam menghabiskan waktu sama anak, kita tetap butuh waktu berdua aja sama masing-masing anak.

"Punya anak berapapun banyaknya, butuh quality time on on one. Ini penting banget supaya dia merasa anak yang berharga, spesial," kata psikolog anak dari Tiga Generasi Anastasia Satriyo yang akrab disapa Anas waktu ngobrol sama HaiBunda.


Kata Anas, si kakak misalnya, dia bisa merasa kalau adiknya lebih disayang. Begitu juga sama si adik nih, Bun, dia bisa merasa si kakak yang lebih disayang. Kadang, perasaan kayak gitu bisa memicu anak merasa kesal atau nggak nyaman kan? Nah, Anas bilang quality time orang tua dan anak yang one on one bisa meminimalkan risiko terssbut.

Qualitu time one on one sama anak bisa si ayah sama si kakak aja atau bunda sama adik aja. Intinya, satu 'lawan' satu ya, Bun. He-he-he. Tapi, kalau Bunda sama Ayah mau sekalian berdua menghabiskan waktu sama salah satu anak boleh-boleh aja.

"Momen kayak gitu bikin anak merasa spesial. Justru di waktu kayak gitu, ibu merasa obrolannha sama anak lebih dalam karena segala sesuatunya diceritain secara personal," kata Anas.

Nggak cuma itu, dengan adanya quality time one on one sama anak, kita sebagai orang tua juga bisa lebih mengenal anak secara pribadi, Bun. Anak pun begitu, karena merasa spesial, di momen intim itu dia bisa menceritakan yang nggak dia ceritakan saat ada saudaranya.

Hmm, jadi gimana, Bun? Kapan nih berencana 'nge-date' berdua aja sama anak? Jangan lupa minta ayah juga punya quality time one on one sama si kecil ya, Bun.
(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi