mom-life

Cerita Istri yang Minta Maaf ke Suami karena Dapur Berantakan

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 09 Feb 2018 13:06 WIB
Cerita Istri yang Minta Maaf ke Suami karena Dapur Berantakan
Jakarta - Semua orang pasti senang kalau rumah bisa rapi. Tapi, sebagai seorang ibu kadang untuk sukses membereskan salah satu bagian rumah aja susah banget nggak sih, Bun? Baru mau membereskan dapur, eh ada aja yang bikin kita nggak konsen alhasil nggak beres-beres deh kerjaan rumah, he-he-he.

Ini juga yang dialami seorang penulis yang juga ibu tiga anak, Jordan Harrell. Bisa jadi, apa yang dialami Jordan juga dialami bunda-bunda yang lain. Ya, niat hati Jordan ingin membersihkan dapur tapi nyatanya, gagal. Bukan karena malas, Jordan punya alasan untuk itu dan dia ngasih tahu alasan tersebut ke sang suami lewat 'surat cinta' yang dia tulis di halaman Facebook-nya.

"Dear suamiku, aku bilang ke kamu kalau aku akan membersihkan dapur. Tapi, kamu mungkin akan kaget karena saat pulang ke rumah, faktanya dapur belum juga beres. Dengar dulu suamiku, aku punya alasan untuk itu," kata Jordan.


Dia bilang, saat menuju dapur dirinya melihat sikat dan ikat rambut kemudian menaruhnya di kamar mandi. Saat di kamar mandi, Jordan melihat tumpukan handuk yang sudah berhari-hari tergeletak di sana dan mau nggak mau Jordan membawanya ke ruang cuci baju. Saat mencuci, ternyata kucing peliharaan mereka buang air besar dan Jordan pun membersihkannya.

Oke, kembali ke urusan dapur. Jordan lanjut tuh, Bun, mau membersihkan dapur. Eh, ternyata si kecil yang disebut B oleh Jordan mengikuti bundanya. Supaya si kecil anteng, Jordan memberinya cheese stick dan meminta dia makan camilannya itu di teras. Melihat si B, Jordan ingat kalau dia belum mengirim email ke sang guru. Alhasil, nggak jadi lagi deh membereskan dapur.

"Aku pun ke kamar kita dan menyalakan komputer. Baru mau kirim email, anak kita yang lain berteriak karena jas hujannya copot. Aku membenarkan tudung kepalanya tapi nggak berhasi. Dia pun menangis dan aku memintanya masuk kamar supaya lebih tenang. Terus aku membereskan bootsnya supaya lantai nggak kotor. Aku kembali ke komputer dan 15 menit main Facebook aku kembali lagi ke dapur," lanjut Jordan.



Sampai di dapur, Jordan melihat jam di oven dan baru ingat kalau sudah waktunya menjemput anaknya yang lain. "Ya, dapur nggak jadi aku bereskan. Hidupku sepertinya konstan seperti ini dan nggak pernah komplet. Aku cuma berharap kamu paham situasinya dan tidak bertanya kenapa dapur belum bersih juga. Tolong, ingatkan aku mengirim email ke gurunya B ya," kata Jordan.

Cerita Istri yang Minta Maaf ke Suami karena Dapur BerantakanFoto: Facebook/ Jordan Harrell


Nah, siapa Bunda yang 'senasib' sama Bunda Jordan? Niat hati ingin membereskan satu urusan tapi kadang gangguan dari kiri kanan bikin kita nggak fokus sampai nggak tercapailah tujuan kita membereskan urusan itu. Terlebih ketika nggak ada asisten rumah tangga, butuh banget ya, Bun, pengaturan waktu untuk bisa meng-handle urusan di rumah. Tapi kalau memang nggak sempat, nggak usah dipaksakan kok.

Seperti kata psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi Sri Juwita Kusumawardhani yang akrab disapa Wita, pembagian tugas rumah dengan suami bisa dilakukan ketika nggak ada ART. Soalnya, seperti kita tahu berumah tangga itu kan ibarat tim ya. Butuh peran dua belah pihak. Atau, kalau nggak kita bisa mengakali dengan menggunakan jasa bersih-bersih online.

Wita berpesan, ketika Bunda sedang lelah, istirahatlah sejenak, Bun. Jangan segan sampaikan ke suami apa yang dirasakan. Jangan paksakan meng-handle semua pekerjaan rumah tangga ketika kita memang sudah nggak sanggup. Luangkan waktu sejenak untuk me time atau bersantai karena dengan begitu, kita bisa me-recharge diri kita lagi.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi