sign up SIGN UP search


moms-life

Sosok Ibu Rumah Tangga di Mata Menantu Jokowi, Selvi Ananda

Maya Sofia Rabu, 21 Aug 2019 14:02 WIB
Selvi Ananda yang tengah mengandung anak kedua menceritakan soal kehidupannya sebagai ibu rumah tangga. caption
Jakarta - Tak terasa sudah empat tahun, Selvi Ananda menjalani rumah tangga dengan putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka. Dari pernikahan itu, Selvi dan Gibran telah dikaruniai satu anak laki-laki, Jan Ethes Srinarendra, yang kini sudah berusia tiga tahun.

Seperti sang ibu mertua, Iriana Jokowi, Selvi yang saat ini tengah mengandung anak keduanya memilih untuk tampil seperlunya di depan publik dan tidak mencampuri urusan bisnis sang suami. Apalagi saat ini, keluarga kecilnya sudah memiliki kegiatan sendiri di Solo.

"Kita memang stay di Solo. Ethes juga sudah sekolah. Jadi kita sudah berkegiatan di Solo," ucap Puteri Solo 2009 ini dikutip dari 20detik.


Lebih lanjut, saat ditanya seperti apa sosok ibu rumah tangga di matanya, Selvi pun menjawab,"Kuat, hebat, multitasking."

Tumbuh kembang Jan Ethes yang saat ini sudah berusia tiga tahun tak lepas dari peran Selvi sebagai ibu. Selvi juga mengutamakan ASI eksklusif selama enam bulan dan dilanjutkan dengan MPASI untuk sang buah hati.

Mengenai Jan Ethes, Selvi tak pernah membandingkan putra sulungnya itu dengan anak-anak lain. Ia percaya bahwa setiap anak memiliki talenta masing-masing.

Sosok Ibu Rumah Tangga di Mata Menantu Jokowi Selvi AnandaSelvi Ananda bersama sang suami, Gibran, dan putranya, Jan Ethes. (Foto: Dok. Diera Bachir)

Berbicara soal ibu rumah tangga, tahukah Bunda kalau mereka ternyata juga mengalami stres yang sama seperti ibu bekerja. Psikolog klinis dewasa dari Tiga Generas @ Brawijaya CLinic Tiara Puspita, menuturkan bahwa hal ini disebabkan ibu rumah tangga selama 24 jam mengurus anak dan segala macam.

Pada akhirnya ibu rumah tangga ini mengalami stres karena mereka merasa kesepian, termasuk karena jarang berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman-temannya.

"Kalau ibu-ibu yang di rumah itu kan mereka terus dari pagi sampai pagi lagi rutinitasnya itu-itu saja," ujarnya.

Maka dari itu Bun, kata psikolog yang akrab disapa Tita ini, jangan sampai Bunda yang di rumah stres ya. Untuk menghindarinya, yang bisa Bunda lakukan yaitu mencari aktivitas yang memang disukai. Misalnya kalau Bunda senang masak, iseng-iseng bikin masakan atau kue bisa dilakukan. Atau, Bunda juga bisa bikin kerajinan tangan dan kumpul dengan ibu-ibu lain di lingkungan tempat tinggal.

Simak penuturan Selvi Ananda soal kehidupannya sebagai seorang ibu rumah tangga dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(som/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi