mom-life

Ibu Ini Atur Biaya Makan Keluarga Cuma Rp 113 Ribu per Minggu

Asri Ediyati Jumat, 25 May 2018 17:02 WIB
Ibu Ini Atur Biaya Makan Keluarga Cuma Rp 113 Ribu per Minggu
Brisbane, Australia - Tiap pekan, biasanya berapa biaya makan Bunda sekeluarga? Pasti lebih dari Rp 100 ribu kan? Tapi ada lho seorang ibu yang bisa mengatur sedemikian rupa sehingga uang makan sekeluarga hanya Rp 113 ribu dalam sepekan. Gimana caranya ya?

Tapi, seorang ibu asal Brisbane, Australia berhasil melakukannya. Adalah CJ Flack, ibu asal Brisbane, Australia, yang ahli dalam menghemat uang. Bagaimana cara ibu ini mengaturnya?

Ibu yang bekerja dari rumah ini mengungkapkan bahwa dia pertama kali mulai menyiapkan makanan dua tahun yang lalu. Hal ini ia lakukan ketika ia akhirnya merasa muak terburu-buru untuk menyiapkan sarapan dan makan siang anak-anaknya setiap hari.


Kemudian, ia kepikiran untuk mempersiapkan makanan tersebut secara rutin tiap bulan, tentunya dengan berbagai resep lezat untuk sarapan, makan siang, dan makanan ringan. Beberapa menu makanannya antara lain, roti gulung, pizza mini, muffin, roti sosis, kerupuk tuna, bakso sayuran, dan jelly buah.

Ibu Ini Atur Biaya Makan Keluarga Cuma Rp 113 Ribu per MingguIbu Ini Atur Biaya Makan Keluarga Cuma Rp 113 Ribu per Minggu/ Foto: Caters News Agency via The Sun


CJ lalu mengunggah tentang persiapan makananannya di Facebook dan seketika postingannya itu menjadi viral. Ia dibilang warganet menginspirasi banyak orang tua di seluruh dunia. Postingannya itu mengumpulkan ribuan likes dan komentar.

Dalam postingan itu CJ menulis, "Saya baru saja mempersiapkan makan siang bersama setiap malam. Ini menjadi tugas. Suatu hari, saya baru saja membuat ide makan siang seminggu sebelumnya, untuk menghemat waktu dan tenaga. Saya pergi ke supermarket dan membeli wadah kecil, dan saat memasak, saya membuat makan siang seharga satu minggu,". Demikian dikutip dari The Sun.



Merasa apa yang ia lakukan itu boros, akhirnya ia berpikir sebenarnya dirinya dapat menghemat lebih banyak waktu dan uang jika membuat makan siang dua minggu atau sebulan sebelumnya.

"Kemudian saya menyadari bahwa sarapan dapat dipersiapkan sebelumnya. Dan itu sangat bagus karena saya bukan 'orang pagi' dan anak-anak bosan dengan sereal dan roti panggang. Sekarang saya akan menyediakan sarapan dan makan siang untuk anak-anak dan saya, dan itu membuat hidup jadi lebih mudah. Saya bahkan mendapatkan kulkas bekas yang murah hanya untuk menyimpan semua sarapan dan makan siang mereka," tulisnya di Facebook dikutip dari News AU.

Untuk mempersiapkan makanannya, CJ butuh empat jam di hari Minggu. Sebagian besar makanan yang ia simpan dibekukan dan untungnya semua makanan bisa habis nggak bersisa.

"Saya juga bisa memastikan mereka makan sehat tanpa makanan ringan yang tidak sehat. Saya mencoba dan memastikan mereka makan banyak buah, sayuran dalam makanan yang dipanggang, asupan susu yang baik, dan karbohidrat yang sehat untuk energi," tutur CJ.

Setiap hari Minggu, CJ memasak bingkisan makan siang, camilan, dan sarapan buatan sendiri yang sehat dan menyegelnya dalam wadah Tupperware sebelum membekukan tiga perempatnya.

CJ bersyukur bisa melakukan hal ini. Terlebih lagi, anak-anaknya menyetujui dan menyukai ide itu. Ia mencoba melibatkan anak sesering mungkin dalam proses perencanaan dan persiapan, sehingga ia tahu mereka akan menghabiskan makanannya.

(aci)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi