mom-life

Sesekali Suami-Istri Berduaan Saja Penting Juga Lho

Melly Febrida Senin, 27 Aug 2018 11:10 WIB
Sesekali Suami-Istri Berduaan Saja Penting Juga Lho
Dublin - Setelah menjadi orang tua, umumnya pasangan terfokus pada kebutuhan anak-anak. Padahal, suami-istri perlu ruang untuk berduaan agar selalu terjalin hubungan yang sehat saat berusaha memenuhi tuntutan keluarga modern.

Ketika menghabiskan waktu hanya berdua, hal itu memungkinkan suami-istri bebas dari pembicaraan anak-anak atau konflik. Seorang psikoterapis keluarga, Richard Hogan, menulis di IrishExaminer bahwa 'ruangan' itu justru bisa membantu meningkatkan interaksi orang tua dengan anak-anak.

Nah, keintiman orang tua saat berduaan saja bisa menjadi energi positif lho, Bun. Kata Richard, saat menjadi orang tua, pasangan bersama-sama menjalankan kehidupan keluarga. Nah, ketika masalah muncul, percakapan antara suami-istri bisa sangat-sangat bikin jenuh, sehingga satu sama lain bisa menjadi penyebab masalah tersebut.




"Orang tua bisa saja merasa seperti sudah melakukan pekerjaan yang buruk dalam membesarkan anak-anak mereka. Seringkali, mereka saling menyalahkan ketika mereka melihat anak mereka bertingkah," kata Richard.

Konflik antar pasangan bisa muncul karena masing-masing berjuang menerapkan aturan yang mereka yakini penting dalam membesarkan anak yang sehat. Karena itu penting untuk sesekali memiliki batas antara kehidupan sebagai orang tua dan kehidupan sebagai suami-istri.

Ya, pasangan suami-istri memang membutuhkan ruang untuk berdua saja. Meski kadang mencari waktu yang pas buat berdua itu sulit ya, Bun.

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk beruduaan dengan suami adalah mendatangi satu sama lain di kantor, atau makan malam romantis berdua saja. Kebersamaan ini tentunya akan memperkuat hubungan.



Psikolog klinis dewasa dari Psychological Service Centre and Laboratory Bina Nusantara University, Pingkan Rumondor, juga menyarankan perlunya waktu berdua untuk suami-istri meski sudah punya anak.

"Sering ada pasangan yang merasa gimana gitu ya kalau ninggalin anak sementara waktu dan mereka berduaan. Padahal, waktu berdua sama pasangan itu penting," kata Pingkan sewaktu ngobrol dengan HaiBunda. (nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi