mom-life

Cerita Tompi Melihat Gaya Parenting Jokowi Memaknai Keluarga

Ratih Wulan Pinandu Minggu, 09 Dec 2018 18:57 WIB
Cerita Tompi Melihat Gaya Parenting Jokowi Memaknai Keluarga
Jakarta - Dokter sekaligus penyanyi, Tompi berkesempatan memotret keluarga Presiden Jokowi. Ya, Bunda tidak sedang salah baca, karena Tompi juga menggeluti dunia fotografi. Baru-baru ini, pria berdarah Aceh itu diundang ke Istana Bogor untuk mengabadikan foto keluarga Jokowi.

Melalui Instagram, Tompi menceritakan pengalamannya membidik keluarga orang nomor satu di Indonesia tersebut. Dalam foto yang dibagikannnya, terlihat Jokowi berofoto bersama istri, anak, menantu dan dua cucunya. Tak terlihat kehadiran si bungsu, Kaesang Pangarep yang saat ini sedang melanjutkan sekolahnya di Singapura.

Keluarga mereka memilih berbusana casual. Serta memilih spot foto di bawah pohon rindang, yang ada di sisi kanan Istana Bogor. Jokowi dan istrinya, Iriana nampak mengenakan Jaket. Sedangkan yang lainnya, nampak lebih santai memakai basic t-shirt.


Tompi mengaku terkesan saat berkesempatan langsung, melihat secara dekat kehidupan mereka. "Pagi ini sy diperbolehkan moto pak Jokowi dan keluarga di Istana Bogor dan sekitar kawasan Kebun Raya. Melihat sendiri bagaimana beliau memaknai keluarga. Lugas dan bersahaja. Begitu yang sy rasa," tulisnya dalam caption foto.


[Gambas:Instagram]

Dalam dua foto yang diunggah Tompi, salah satunya memperlihatkan Jokowi duduk di akar pohon bersama cucunya, Jan Ethes. Sedangkan Iriana, nampak mengajak bercanda Sedah Mirah yang diletakkan di stroller.

Adem banget ya, Bun melihat potret keluarga mereka. Mengutip Kids Matter, para ahli menyebutkan jika setiap ayah memiliki ide dan pengalaman unik menjadi orang tua. Hal itu berkontribusi dalam membangun kesehatan mental dan kesejahteraan anak-anak serta keluarganya.

[Gambas:Instagram]


Anak-anak mendapat manfaat dari hubungan yang aman dan penuh kasih dengan orang tua. Anak kecil yang banyak menerima kasih sayang dari orang tuanya, memiliki hubungan lebih menyenangkan. Mereka tumbuh menjadi pribadi yang stabil secara emosional, percaya diri mengeksplorasi lingkungan, dan memiliki hubungan sosial lebih baik dengan temannya.

Melansir Fatherly, muncul istilah 'The Father Effect' yang menggambarkan keaktifan ayah dalam berpartisipasi di keluarga. Sosiolog anak dari Pennsylvania State University, Paul Atmo mengungkap perlu disepakti waktu minimum untuk dihasbiskan ayah bersama keluarga. Di tengah kesibukan kerja, luangkan waktu berkualitas bersama istri dan anak-anak.

"Ketika ayah terlibat secara aktif dengan anak-anak mereka, anak-anak menjadi lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa ayah penting untuk perkembangan anak," ungkap Paul Atmo.

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi