mom-life

Tips Jokowi dan Iriana Mendidik Anak Hingga Sukses

Yuni Ayu Amida Kamis, 21 Mar 2019 11:03 WIB
Tips Jokowi dan Iriana Mendidik Anak Hingga Sukses
Jakarta - Tugas orang tua dalam membesarkan anak bukanlah perkara mudah, Bun. Hanya saja, setiap orang tua pasti berusaha yang terbaik untuk tumbuh kembang anak. Sama halnya seperti Presiden Jokowi dalam membesarkan ketiga anaknya.

Jokowi punya cara agar anak-anaknya tumbuh sukses dan mandiri. Hal tersebut diungkapnya dalam YouTube Channel milik Baim Paula. Pada kesempatan itu, Baim Wong dan Paula berkesempatan berbincang bersama Jokowi dan Iriana di Istana Bogor.


"Biarkan anak jadi dirinya sendiri, mereka akan bangga terhadap dirinya sendiri." ujar Jokowi.

Seperti kita ketahui, walaupun sang ayah seorang presiden, ketiga anak Jokowi tidak terjun ke dunia politik mengikuti jejaknya. Mereka memilih jalannya sendiri seperti putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, yang terjun ke dunia bisnis.

Kini, ayah Jan Ethes ini sukses dengan bisnis martabaknya. Mengikuti sang kakak, putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, pun berbisnis pisang nugget, yang juga laku di pasaran.

Jokowi mengaku sangat mendukung apapun yang anaknya lakukan, selama positif pastinya. Tetapi, dia tidak terlalu membantu, cukup mendukungnya agar sang anak bisa tumbuh mandiri.

"Apa yang mereka mau, dukungnya dari jauh aja, enggak usah terlalu deket-deket, atau terlalu dibantu, enggak usahlah, dari jauh aja. Dan tentu saja, ibu selalu berdoa, saya juga," tutur pria yang pernah menjabat Gubernur DKI ini.

Dalam kesempatan yang sama, Iriana pun menambahkan, sebagai orang tua harus selalu mendengarkan ketika anak bercerita. Ia justru akan merasa bingung ketika putra-putrinya tidak bercerita.

"Anak-anak kalau cerita, saya harus mendengarkan. Apapun, kesehariannya. Kalau enggak cerita malah saya bingung, saya tanya," kata Iriana.

Nah, apa yang diterapkan Jokowi dan Iriana ini sejalan dengan pendapat Co-founder and Director Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK), Fiona Handayani. Selama kita bisa membangun hubungan baik dengan anak, mendengarkan, mendampingi, dan membina anak merupakan cara mendidik anak secara benar.

Fiona pun menegaskan, orang tua tidak boleh terlalu menggurui dan merasa lebih pintar dari anak-anak. Karena sebenarnya, hubungan orang tua dan anak itu adalah sama-sama belajar.

"Kita ingin anak tumbuh jadi baik, bahagia. Tapi kadang, kita mengatur mereka pengennya apa, kita mendikte. Nah, seharusnya bukan seperti itu, tapi ada hubungan yang positif antara orang tua dan anak, yaitu kita juga belajar bersama-sama," kata Fiona.


Selain itu, orang tua juga mesti jeli terhadap kecerdasan yang dimiliki anaknya. Karena kecerdasan tidak hanya diukur dari satu parameter saja, tapi dari berbagai tipe kecerdasan.

"Penting sekali anak itu merasa dia bisa mengembangkan potensinya, baik itu potensi seni, olahraga, dan lainnya. Saya rasa, mendukung anak dalam hal yang jadi kekuasaannya itu sangat penting," tutur Fiona.

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi