mom-life

Selamat Jalan Paman Dolit, Tokoh Ceria Penghibur Anak-anak

Amelia Sewaka Senin, 21 Jan 2019 18:02 WIB
Selamat Jalan Paman Dolit, Tokoh Ceria Penghibur Anak-anak
Jakarta - Kabar duka datang dari dunia hiburan anak-anak. Bagi Bunda yang besar di era 90-an, pasti mengenal tokoh yang banyak disenangi para anak ini, pemeran karakter Paman Dolit. Adalah Moh Syafi Saleh, pria di balik karakter Paman Dolit yang khas dengan dandanan uniknya.

Kabar itu pertama kali muncul lewat Instagram Stories Arman Maulana. Vokalis Band Gigi itu mengatakan jika Paman Dolit meninggal dunia pada Minggu (20/1) sekitar pukul 12.00 WIB. Sedangkan jenazah Paman Dolit disalatkan di RSPP (RS Pusat Pertamina) dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun. Berita duka. Telah berpulang ke rahmatullah, rekan kerja, sahabat, kakak, dan saudara kita Moh Syafi Saleh atau Mas Memed, hari ini sekitar pukul 12.00 WIB," tulis Armand Maulana dilansir Insertlive.


Hingga saat ini, belum diketahui penyebab kematian pemeran Paman Dolit. Hal itu menjadi salah satu alasan keluarga untuk langsung menguburkannya. Keluarga khawatir Paman Dolit sudah meninggal dalam waktu yang lama.




"Kalau sakitnya sih, kemarin pihak keluarga juga nggak tahu ya. Justru kemarin pihak keluarga masih bertanya karena memang almarhum kan meninggalnya di rumah kosannya, jadi nggak ada yang tahu. Jadi kemarin dikubur malam-malam karena takut meninggalnya itu udah kemarin," ujar Armand seperti dikutip dari detikcom.

Vokalis band GIGI ini memang beberapa kali pernah terlibat kerjasama dengan almahrum Syafi Saleh. Terhitung sejak pertengahan tahun 90-an, mereka terlibat dalam pekerjaan yang sama. Berlanjut ke berbagai acara yang sering mempertemukan GIGI dengan sosok Paman Dolit itu. Bahkan, Arman sampai memiliki kenangan khusus terhadap sosoknya. Menurutnya, Paman Dolit memiliki banyak kelebihan selain menghibur dengan karakter yang sejak puluhan tahun lalu dilakoninya.

"Apalagi kalau tur-tur GIGI, ia kadang selalu dibawa tuh. Memang ia kalau di lapangan oke, emang orang lapangan dia," tambahnya.

Paman Dolit adalah tokoh yang populer sebagai karakter yang menemani anak-anak era 1990-an, Bun. Sosoknya memiliki ciri khas berupa hidung besar, kumis, kacamata, topi, dan syal.

Sosok di balik kostum Paman Dolit sempat menjadi misteri dan pertanyaan publik selama bertahun-tahun. Bahkan, Paman Dolit sempat menjadi julukan umum bagi orang yang mengenakan kacamata, kumis, dan hidung besar.

Bunda punya kenangan juga dengan tokoh Paman Dolit ini? Atau punya tokoh unik lain dari tontonan masa kecil? Share di kolom komentar ya Bunda.


(aml/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi