mom-life

Dukungan Sang Menantu untuk Kesembuhan Ani Yudhoyono

Amelia Sewaka Kamis, 14 Feb 2019 20:33 WIB
Dukungan Sang Menantu untuk Kesembuhan Ani Yudhoyono
Jakarta - Kesedihan tengah dirasakan keluarga besar Ani Yudhoyono, yang sedang menjalani perawatan di Singapura. Istri Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), divonis mengidap kanker darah.

Doa dan dukungan mengalir deras untuk ibu dua anak ini, termasuk dari sang menantu Aliya Rajasa. Istri dari Edhi Baskoro Yudhono yang akrab disapa Ibas, mencurahkan segala dukungan dan doa lewat unggahan video di Instagram miliknya. Dikatakan dalam keterangan, video tersebut diambil oleh Memo (panggilan kesayangan anak cucu untuk Ani) Ani Yudhoyono pada Januari 2016.

"Kita semua bersatu dalam doa untuk mengawal pemulihan Memo sampai akhirnya diangkat semua sakitnya dan bisa pulih seperti sedia kala.. kita bisa mo, bersama sama kita bisa hadapi ini.. lets fight the cancer! I love you so much mo.. We all love you so much memo," tulis Aliya.





[Gambas:Instagram]



Dalam video tersebut, Aliya bersama suami dan anaknya menyanyikan lagu dari salah satu pemenang Indonesian Idol, Joy Tobing, yang berjudul Karena Cinta. Diharapkan Aliya, dengan dukungan cinta dari semua anggota keluarga, sang mertua bisa kembali sehat dan bermain dengan cucu serta keluarga yang lain.

Sebelumnya, sang suami Ibas juga sempat menguraikan doa lewat akun instagram pribadinya, @ibasyudhoyono, sambil mengunggah foto di ruang perawatan Ani Yudhoyono di National University Hospital, Singapura. Politisi 38 tahun ini tak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan keluarga besar, pihak rumah sakit, serta semua pihak yang turut mendoakan ibunda tercinta.

Kabar terakhir dari putra sulung SBY dan Ani, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), kondisi Ani saat ini telah stabil.

"Secara umum stabil tetapi tentunya ada up and down pengaruh obat yang keras," ujar AHY dikutip dari detikcom.

AHY mengatakan meski stabil, kondisi sang ibu masih tetap naik turun. Hal itu dikarenakan efek samping obat yang dikonsumsi Ani Yudhoyono.

"Obat yang masuk ke dalam tubuh kan selalu menimbulkan reaksi. Karena dalam berbagai literatur kita juga tahu selalu ada side effect atau efek samping dari obat. Apalagi obat yang sangat keras. Apalagi dalam jumlah yang cukup banyak. Tapi secara umum Bu Ani masih sangat kuat menghadapi, mohon doanya supaya Bu Ani cukup kuat menghadapi," tambah AHY.


Dukungan Sang Menantu untuk Kesembuhan Ani YudhoyonoFoto: Instagram

Kita doakan semoga Ani Yudhoyono cepat sehat yuk, Bun...

Dalam keseharian, hal pertama yang umumnya ditanyakan kebanyakan orang tua ketika didiagnosis penyakit serius adalah 'Bagaimana dengan anak-anak saya?' atau 'Bagaimana saya memberi tahu mereka?'. Cukup sulit memang bagi orang tua seperti Ani Yudhoyono menghadapi penyakit mereka sendiri.

"Penyakit orang tua yang serius dapat menyebabkan tekanan emosi dan masalah perkembangan bagi anak-anak. Tapi, jika dikelola dengan baik, krisis keluarga dapat menghasilkan ketahanan dan kekuatan untuk anak-anaknya," kata Kathleen McCue, penulis buku How to Help Children Through a Parent's Serious Illness and Someone I Love is Sick.

Berikut tips dari McCue dilansir Health Care Report Pittsburgh, untuk orang tua berdiskusi dengan anak-anaknya soal penyakit serius yang diidapnya.

- Pilih waktu yang tepat untuk membicarakan.
- Biarkan anak mengekspresikan perasaannya dan itu tak apa-apa. Biarkan mereka marah, bingung, sedih, dan takut karena orang dewasa pun punya perasaan seperti itu.
- Beri tahu anak soal penyakit serius yang dialami orang tua. Biar anak bisa membedakan mana penyakit serius seperti kanker dan serangan jantung dengan penyakit biasa seperti pilek dan batuk.
- Buat dialog dua arah, dan tanya bagaimana perasaan anak.
- Pastikan semua pembicaraan mengenai hal-hal positif.
- Jangan membuat janji yang orang tua tak bisa tepati.
- Paling penting, ingatkan bahwa orang tua selalu mencintai anak-anaknya.

[Gambas:Video 20detik]

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi