mom-life

Sosok Ayah, Tokoh Paling Menginspirasi Hidup Jokowi

Ratih Wulan Pinandu Minggu, 14 Apr 2019 07:00 WIB
Sosok Ayah, Tokoh Paling Menginspirasi Hidup Jokowi
- Bunda, pasti sudah enggak asing ya melihat kesederhanaan Jokowi dan keluarganya. Sebelum berhasil menjadi kepala negara seperti sekarang ini, Jokowi kecil dibesarkan di sebuah desa di Solo, Jawa Tengah.

Dalam akun Youtube Jokowi, Ayah berusia 57 tahun ini bercerita tentang kehidupan ayahnya, Notomiharjo yang berprofesi sebagai tukang kayu. Dalam keterbatasan, sulung dari empat bersaudara ini menyaksikan perjuangan ayah dan ibunya, Sudjiatmi menghidupi keluarga mereka. Mulai dari berpindah-pindah kontrakan, hingga mencari rumah sederhana agar anaknya bisa hidup layak, Bun.


"Saya berasal dari keluarga biasa. Kami berulang kali pindah rumah kontrakan, rumah sederhana yang mampu dibayar bapak untuk kami sekeluarga. Bapak brjualan bambu dan kayu di pasar," ucap Jokowi.


Sementara itu, sang ibu juga begitu gigih membantu usaha sang ayah. Diceritakan Jokowi, ibunya rela membantu ayahnya mengikat kayu dan bambu setiap selesai masak dan beres- beres rumah. Menurut Jokowi, mereka rela melakukan itu semua semata-mata demi kehidupan yang lebih baik lagi untuk anaknya.

Melihat usaha ayahnya, tak berlebihan kalau Jokowi kemudian sangat mengidolakannya.

"Mereka melakukan itu semua agar anak-anaknya bisa sekolah. Mereka meyakinkan saya bahwa sekolah akan mampu mengubah hidup saya. Perjuangan dan usaha Bapak sangat menginspirasi saya,"lanjut Jokowi.

Sosok Ayah, Tokoh yang Menginspirasi Hidup JokowiAyah Jokowi/ Foto: Repro Buku Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi

Mengenal lebih jauh sosok Notomiharjo, merupakan sosok yang sangat tekun dalam berbisnis kayu di daerah Srambatan, Surakarto. Lambat laun, Notomiharjo membangun bengkel pengrajin kayu di rumahnya, yang saat itu sudah pindah ke kawasan Candi Lor pada tahun 1962.

Melansir detikX, diceritakan oleh Bandi, tetanga sekaligus teman masa kecil Jokowi bahwa, usaha kayu sang ayah terus berkembang. Hingga akhirnya di tahun 70-an, tempat usaha mereka tergusur saat pemerintah melakukan penggusuran kawasan Cinderejo, yang berada di pinggir Kali Pepe.

Notomiharjo sendiri dikenal sebagai sosok yang sangat menyukai musik keroncong. Saking senangnya pada musik keroncong, ayah Jokowi kerap mengundang orkes keroncong ke rumahnya, Bun. Kesukaan pada musik keroncong, dibarengi dengan kepiawaian Notomiharjo bermain alat musik seperti gitar bas. Wah pantas saja ya Jokowi juga menyukai musik.

Figur Ayah seringkali menjadi tauladan bagi anak-anaknya. Termasuk dalam kebiasaan dan kesukaannya. Kedekatan anak dengan ayahnya akan menciptakan memori yang indah sepanjang hidupnya.


Kehadiran ayah dalam tumbuh kembang seorang anak akan memberikan berbagai dampak positif. Tata Sudrajat, Direktur Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) mitra Save The Children mengatakan, ayah berperan penting dalam mendampingi anak-anaknya bermain.

"Keterlibatan Ayah dapat mendorong keterampilan motorik, kepemimpinan, serta pengembangan kognitif dan kemampuan mengendalikan emosi secara baik,"ungkap Tata pada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Bunda, simak juga yuk keseruan Jokowi momong Jan Ethes dalam video di bawah ini.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi