sign up SIGN UP search


moms-life

Kontrasepsi Spiral Bikin Suami Tak Nyaman Berhubungan Seks?

Radian Nyi Sukmasari & Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 23 Sep 2019 19:40 WIB
Beberapa suami mengeluh hubungan seksual jadi enggak menyenangkan gara-gara istri pakai spiral atau IUD. Masa sih? caption
Jakarta - Intrauterine Device (IUD) atau spiral merupakan salah satu alat kontrasepsi yang bisa dipilih pasangan suami istri (pasutri). Namun, ada pula suami yang mengeluh saat istri pakai spiral hubungan seks jadi tidak nyaman.

Menanggapi hal ini, dr.Karno Suprapto, Sp.OG, dari Mayapada Healthcare Jakarta Selatan mengatakan, spiral yang bentuknya seperti huruf T terletak di dalam rahim. Bagian yang keluar hanya talinya. Semua bagian spiral mengisi rongga rahim. Sehingga, yang terasa oleh suami ketika berhubungan intim hanya talinya.

"Tali spiral yang terbuat dari nilon kan fleksibel, kalau lagi lurus, mungkin suami saat berhubungan intim terkena dikit kayak kena sikat gigi. Tapi, bisa juga talinya pelan-pelan masuk dan menuju arah samping. Kan terlipat, ya enggak terasa oleh suami," papar Karno, saat ngobrol dengan HaiBunda.


Tapi, saat sudah lama enggak periksa, spiral kadang turun atau sedikit merosot, Bun. Alhasil, ujung spiral pun turun.

"Kalau kayak gitu ya kena penis, sakit. Makanya mesti kontrol teratur," ujar Karno.

Mengutip Health, Christine Greves, MD, seorang ob-gyn di pusat kebidanan dan ginekologi di Orlando Health di Florida, menjelaskan sangat tidak mungkin spiral bisa terlepas saat pasutri berhubungan seks. Greves menjelaskan spiral terletak di dalam rahim, jadi tidak mungkin untuk bergerak akibat segala jenis aktivitas seka.

"Jika pasutri memakai sex toys berbentuk pengait, mungkin tapi spiral bisa tertarik. Jika suami bilang penisnya menyentuh spiral, itu adalah talinya. Jika talinya lebih panjang, bisa melengkung di bawah leher rahim dan kemungkinannya lebih kecil untuk terasa," kata Greves.

Ilustrasi IUD atau spiral dan hubungan seksIlustrasi IUD atau spiral dan hubungan seks/ Foto: thinkstock
Seperti diketahui, tali spiral dirancang memanjang melewati serviks agar memudahkan ob-gyn untuk melepasnya di kemudian hari. Apabila spiral yang Bunda pasang bisa memunculkan rasa sakit saat berhubungan seks, Greves menyarankan periksa ke dokter untuk memastikan posisinya.

Bunda, simak juga penyebab munculnya jerawat di vagina dalam video berikut.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!