mom-life

Cerita Ibunda Anji Rela Jual Mobil demi Karier Putra-Putrinya

Annisa Karnesyia Jumat, 29 Mar 2019 19:36 WIB
Cerita Ibunda Anji Rela Jual Mobil demi Karier Putra-Putrinya
Jakarta - Menjadi artis yang dikenal seperti sekarang bukan perjalanan mudah untuk penyanyi Anji. Dukungan dan perjuangan sang ibunda, Siti Sundari, tak lepas dari kesuksesanya saat ini.

Dikutip dari detikcom, Anji mengungkapkan, sang ibu rela menjual mobil hingga meminjam uang jutaan rupiah demi Anji, sang kakak, dan adiknya bisa menjadi seorang artis. Perjuangan ibunda Anji juga tidak berjalan mulus, Bun.

"Dulu, ibu gue sampai jual mobil dan pinjam uang jutaan rupiah biar gue, abang dan adik gue bisa jadi artis," kata Anji dalam Channel YouTube milik Raffi Ahmad.


Menjadi artis memang bukan perjalanan mudah bagi Anji. Hal itulah yang membuat ibunya berhenti berharap Anji bisa sukses menjadi artis. Namun, kini Anji telah membuktikan kesuksesanya dan berhasil membuat sang ibu bangga.

"Ibu gue sampai nyerah karena gagal kala itu. Tapi sekarang gue buktikan sama ibu gue, kesusahannya dia dulu membuahkan hasil sekarang," ujar Anji.

"Alhamdulillah sekarang sudah bisa ngasih ibu," sambungnya.


Dalam karier seorang anak, dukungan orang tua sangatlah penting untuk membantu membentuk rasa percaya diri anak untuk terus berusaha. Dilansir The Guardian, ketika banyak orang tua berfokus pada pendidikan akademik anak, kenyataannya cara pandang dunia sudah berubah.

Dunia kerja bukan hanya tentang akademis, Bun. Banyak jenis pekerjaan baru yang bisa dipilih anak berdasarkan kemampuan. Itulah pentingnya peran orang tua mendukung pilihan karier dan masa depan anak.

Menurut psikoterapis Tina B.Tessina, Ph.D, salah satu kunci dalam membesarkan anak-anak yang sukses adalah memberi mereka banyak cinta, dukungan, dan dorongan. Orang tua juga harus memberi kepercayaan pada anak-anak agar mereka bisa yakin dengan dukungan itu.

"Anak-anak akan merasa diapresiasi dan berharga saat orang tua ikut merayakan prestasinya dan membantunya dalam hal yang diperlukan," tutur Tessina.


Larry Nucci, profesor dari University of California Berkeley juga membenarkan pernyataan itu. Menurutnya, selain memberi dukungan secara mental dan finansial terhadap karier anak, orang tua juga harus membiarkan anak menemukan jati diri mereka.

"Beberapa anak merasa takut orang tua tidak akan mendukung jika mereka memilih karier di bidang seni daripada pekerjaan lain dengan penghasilan tinggi, seperti dokter atau pengacara," ujar Nucci, dilansir Qualifax.

Nucci juga menambahkan, sebagai orang tua, ayah dan ibu harus memperjelas bahwa mereka tidak memiliki harapan yang tinggi pada karier anak, tapi tetap memberi dukungan dan bantuan jika diperlukan. Dengan begitu, anak akan bebas bereksplorasi menemukan karier yang sesuai dengan keinginan mereka.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi