mom-life

Besok Puasa, Simak 5 Cara Mudah Mencegah Bau Mulut

Yuni Ayu Amida Minggu, 05 May 2019 19:05 WIB
Besok Puasa, Simak 5 Cara Mudah Mencegah Bau Mulut
Jakarta - Setelah sidang Isbat di kantor Kementrian Agama RI, Jakarta, Minggu (5/5/2019) petang, pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh tepat pada Senin, 6 Mei 2019. Artinya, seluruh umat Islam di Tanah Air besok mulai berpuasa. Saat puasa sepanjang Ramadhan, Bunda mungkin akan sering mengalami masalah bau mulut.

Ada enggak sih cara mudah mengatasinya? Dikatakan drg.Rachel Sifra dari Hendra Hidayat Dental Center (HHDC), bau mulut atau halitosis bisa disebabkan oleh kebersihan mulut dan pembersihan gigi yang buruk. Penyakit gusi dan tanda penyakit lain dalam tubuh juga bisa menyumbang masalah bau mulut.

"Sisa makanan yang terjebak dalam lubang akan membusuk dengan adanya bakteri dan menyebabkan halitosis," terang Rachel, dikutip dari detikcom.



Nah, pastinya ini sangat mengganggu ya, Bun. Tidak hanya membuat tak nyaman, namun juga memengaruhi rasa percaya diri.

Untuk tetap bisa beraktivitas dan produktif saat bulan puasa, seperti dilansir Cleo, berikut ini lima tips mudah mencegah bau mulut:

1. Makan makanan sahur yang sehat

5 Cara Mudah Mencegah Bau Mulut Saat PuasaFoto: iStock

Saat bulan puasa, ketika sahur jangan hanya makan makanan yang diinginkan saja ya, Bun. Pilihlah makanan yang sehat dan segar. Serta perbanyak makan sayur dan buah karena itu baik untuk antioksidan.

2. Bersihkan lidah

Bersihkanlah lidah dua kali sehari, setelah sahur dan sebelum tidur. Pakailah alat pembersih lidah atau bisa sikat dengan lembut dengan sikat gigi.

5 Cara Mudah Mencegah Bau Mulut Saat PuasaFoto: Istock

3. Minum banyak air

Dehidrasi mungkin menjadi alasan utama mengapa napas kurang segar. Minumlah air putih yang banyak saat sahur dan ketika berbuka puasa ya, Bun.

4. Hindari kopi

Kopi mengandung kafein, kafein ini mudah mengering dalam mulut yang bisa menyebabkan bau tak sedap. Nah, itu sebabnya saat puasa, hindari atau minimal kurangi minum kopi.


5. Sikat gigi dengan baking soda

Campurkan seperempat sendok teh baking soda dengan dua sendok makan air lemon dan dua sendok teh garam. Ini membantu pH mulut agar tetap normal dan sehat, serta mencegah bau mulut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya, Bunda. Selamat menjalankan ibadah puasa.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi