mom-life

Bunda Perlu Tahu, Penyebab Sembab pada Beberapa Pasien Leukemia

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 15 May 2019 09:56 WIB
Bunda Perlu Tahu, Penyebab Sembab pada Beberapa Pasien Leukemia
Jakarta - Berbagai kondisi bisa dialami seseorang saat tengah menjalani pengobatan. Misalnya saja ketika pasien leukemia berobat, perubahan pada tubuhnya bisa terjadi seperti wajah sembab pada beberapa pasien.

Menanggapi hal ini, dr.Wulyo Rajabto, SpPD-KHOM dari Mayapaa Hospital Jakarta Selatan mengatakan pada dasarnya leukemia terdiri dari dua jenis yaitu akut dan kronis. Pada leukemia akut, tujuan utama pengobatan adalah mengeradikasi sel-sel kanker di sumsum tulang belakang. Prosedur ini disebut dengan kemoterapi induksi, Bun.

Dikatakan Wulyo, leukemia akut terdiri dari Acute Myeloid Leukemia (AML) dan Acute Lymphocytic Leukemia (ALL). Pada AML, kemoterapi syang dilakukan elama 7 hari bisa menimbulkan efek samping 28 sampai 35 hari. Tujuannya, supaya sel-sel kanker di sumsum tulang hilang.


Tapi, di sisi lain kadar Hemoglobin dan leukosit ikut drop hingga pada beberapa pasien diperlukan transfusi. Wulyo menambahkan, efek samping lain misalnya pasien demam atau mengalami kondisi yang membuatnya perlu antibiotik.



"Tapi kalau sampai wajah sembab, kelihatan kayak bengkak, kalau pada AML rasanya enggak ada (pengobatan) yang (efek sampingnya) sampai bikin wajah sembab," tutur Wulyo saat berbincang dengan HaiBunda.

Bunda Perlu Tahu, Penyebab Sembab pada Beberapa Pasien LeukemiaFoto: Thinkstock
"Mungkin efek samping itu bisa dialami pada pasien ALL karena ada salah satu pengobatannya yang memakai steroid. Mungkin karena efek samping steroid itu wajahnya kelihatan sembab dan seperti bengkak," tambahnya.

Steroid diungkapkan Wulyo bisa menjadi obat antiradang atau antialergi. Jika pengobatan berlangsung beberapa hari saja, menurut Wulyo enggak akan ada efek samping wajah sembab. Beda ketika pengobatan dilakukan dalam jangka panjang.



"Misal selama sebulan bisa muncul efek samping wajah agak sembab. Nah, nanti kan dosis steroidnya diturunkan perlahan sampai dosis terkecil. Biasanya wajah kembali normal lagi," ujar dokter yang juga praktik di RS Cipto Mangunkusumo ini.

Steroid memang bersifat retensi atau menahan cairan, Bun. Sehingga, cairan tidak bisa keluar dari tubuh dan menumpuk di salah satu organ seperti wajah atau tungkai.

Bunda, simak juga bagaimana Denada menyemangati si kecil yang mengidap leukemia di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi