mom-life

Tradisi Mudik Ria Enes, Bertemu Keluarga Tak Harus Tunggu Lebaran

Ratih Wulan Pinandu Jumat, 17 May 2019 13:04 WIB
Tradisi Mudik Ria Enes, Bertemu Keluarga Tak Harus Tunggu Lebaran
Jakarta - Berbeda dari orang kebanyakan, Ria Enes justru tak membiasakan mudik di keluarganya. Diceritakan Ria, mudik adalah hal yang bisa dikompromikan tergantung situasinya, Bun.

Bunda kelahiran Malang ini, memang sengaja tidak membedakan puasa dengan bulan lainnya. Sebab, selama Ramadhan keluarganya tetap aktif berkegiatan di luar rumah. Dia dan suami tetap kerja, sedangkan anak-anaknya juga sekolah.


"Kalau mudik kita mudik ke Malang, karena keluarga besar ada di malang. Suzan biasanya enggak diajak karena murni keluarga, enggak ada kerja juga. Tapi beberapa tahun ini tidak membiasakan mudik juga," tutur Ria kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.


Saat mertuanya masih ada, Ria dan suami biasanya memilih untuk melewatkan idul fitri di Jakarta. Namun, kadang-kadang mereka mudik ke Jawa Timur untuk bertemu keluarga besar Ria.

Tradisi Mudik Ria Enes, Bertemu Keluarga Tak Harus Tunggu LebaranRia Enes dan Suzan/ Foto: M.Zaky

Baginya, bertemu orang tua bisa kapan saja tanpa harus menunggu lebaran tiba.

"Situasional, dulu Papa mertua ada di Jakarta beberapa kali enggak mudik. Pernah mudik semua, pernah separuh-separuh karena dulu Papa mertua masih ada Tahun lalu pulang semua, bagi saya pribadi meski enggak mudik sering ketemu ibu karena sebulan sekali ke Surabaya," lanjutnya.

Mudik memang sudah menjadi tradisi untuk sebagian besar keluarga di Indonesia. Saat enggak bisa mudik, bisa meniru prinsip Ria Enes ya, Bun. Daripada memaksakan keadaan, kita masih bisa mengganti silaturahmi dengan keluarga besar di hari lainnya.

Apalagi situasi jelang lebaran tahun ini, harga tiket pesawat meroket tinggi membuat budget pulang kampung jadi membengkak. Membuat sebagian Ayah dan Bunda memilih transportasi lainnya.

Namun jika Bunda dan keluarga ingin tetap mudik, Sufintri Rahayu, PR Director Traveloka menyarankan agar masyarakat beralih ke transportasi darat jelang lebaran nanti. Menurutnya, enggak perlu khawatir mengenai kenyamanannya, Bun karena aksesibilitas dan fasilitasnya pun enggak kalah bersaing.

"Ketika harga tiket pesawat mahal, orang akan beralih ke transportasi darat untuk mudik. Apalagi sekarang fasilitas transportasi darat sudah baik," ungkap Sufintri baru-baru ini.


Nah, pertimbangkan lagi ya, Bun berganti transportasi atau memilih tanggal di luar libur lebaran!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi