mom-life

Cerita Astrid Matang Persiapkan Pendidikan Anak Hingga Kuliah

Muhayati Faridatun Minggu, 14 Apr 2019 12:30 WIB
Cerita Astrid Matang Persiapkan Pendidikan Anak Hingga Kuliah Astrid Sartiasari/ Foto: Sunandi Mimo/20detik
Jakarta - Kesibukan sebagai penyanyi, tak membuat Astrid melupakan perannya sebagai ibu. Diceritakan Pelantun Jadikan Aku yang Kedua itu, anak semata wayangnya, Alec Djuara Djoewarsa tak keberatan ditinggal bekerja, Bun.

Hingga kini Alec berusia enam tahun, selalu santai menanggapi profesi ibunya itu.

"Dia (Alec) pasti tahu saya artis, tapi dia santai saja. Begitupun guru-gurunya di sekolah," kata Astrid saat intimate interview bersama HaiBunda, belum lama ini.

Bercerita tentang pribadi anaknya, istri dari Arlan Jumarwan Djoewarsa ini mengungkapkan sifat pemalu sang anak. Meski begitu secara akademik, Alec dapat mengikuti pendidikan dengan baik di sekolah.

"Secara akademik dia bisa mengikuti pelajaran, cuma anakku itu agak pemalu, dan kurang pede. Kalo di depan teman-temannya ngomong pelan dan butuh waktu untuk berbaur," ujar penyanyi dengan nama lengkap Astrid Sartiasari itu.


Astrid dan sang anak, Alec/Astrid dan sang anak, Alec/ Foto: Instagram @astridbasjar

Sebagai seorang ibu, tentunya Astrid ingin sang anak mendapatkan pendidikan yang terbaik, Bun. Meski semuanya kembali pada keinginan buah hatinya, wanita 37 tahun itu tetap memiliki impian untuk pendidikan Alec hingga dewasa.

"Nanti SD (sekolah dasar) alhamdulillah sudah diterima di salah satu SD swasta di Jakarta. Saya juga sudah punya bayangan tentang pendidikannya, seperti universitas mana nanti kuliah. Tapi aku akan menyesuaikan dengan dia, anaknya mau ke mana, akademik atau seni," ujar Astrid.

Impian Astrid sebagai ibu memang wajar kok. Apalagi Astrid mengutarakan jika dirinya sebagai orang tua masih banyak belajar dan mencari informasi soal pengasuhan sang anak.

"Aku juga masih belajar, karena bukan ibu yang tahu semua dari awal. Aku banyak cari tahu informasi dari seminar, buku, dan orang lain. Tapi karena setiap anak berbeda, jadi butuh waktu untuk menerapkannya ke anakku," tutur Astrid.

"Paling enggak, aku berusaha untuk mengerti dengan mencari pengetahuan baru sebagai orang tua. Kita harus melek untuk soal ini," sambungnya.

Keluarga Penyanyi Astrid/Keluarga Penyanyi Astrid/ Foto: Instagram @astridbasjar


Berbicara soal pola asuh yang dilakukan Astrid, memang penting sebagai orang tua terus mencari informasi, Bun. Tapi orang tua tetap harus menyesuaikannya dengan anak ya.

Menurut psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo, setiap anak memiliki kepribadian yang unik yang perlu orang tua dalami lagi. Sebagai orang tua, juga harus bisa menerima anak sebagai dirinya sendiri.

Orang tua sering memiliki pandangan tentang pola pengasuhan dari cerita orang lain atau buku bacaan. Akibatnya, pola pengasuhan yang diterapkan enggak sesuai dengan diri anak yang sebenarnya, Bun.

"Kita harus melihat anak-anak sebagai manusia seutuhnya yang memiliki emosi dan masih belajar mengelola diri," kata wanita yang kerab disapa Anas ini.

Mengutip Kids Health, pola asuh orang tua akan ikut berubah mengikuti perkembangan anak. Saat inilah orang tua ikut belajar untuk menjadi role model bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Jangan terlalu mengekang anak ya, Bun. Jadilah orang tua yang fleksibel dan mau berubah menyesuaikan dengan perubahan anak tapi tetap dalam koridor yang mendidik.


Bun, simak cerita Astrid selengkapnya di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi