mom-life

3 Tips Aman Memilih ART Infal Ketika Lebaran

Annisa Karnesyia Kamis, 23 May 2019 17:00 WIB
3 Tips Aman Memilih ART Infal Ketika Lebaran
Jakarta - Bulan Ramadhan dan Lebaran pasti banyak keluarga yang sibuk mengurus kebutuhan rumah tangga tahunan yang mendadak. Sayangnya, saat mendekati Lebaran, asisten rumah tangga (ART) kebanyakan mudik alias pulang kampung.

Nah, dalam kondisi seperti itu, biasanya jasa ART infal yang dipekerjakan dengan singkat dibutuhkan, Bun. Namun, banyaknya jasa penyedia pembantu infal kadang bikin para Bunda agak bingung memilih tenaga infal yang sesuai.


Bu Gito, selaku pemilik yayasan penyalur PRT, Yayasan Bu Gito mengatakan, memilih pembantu infal untuk Lebaran enggak boleh asal-asalan. Banyaknya modus kejahatan yang menjadi pertimbangan untuk memilih pembantu infal.


"Pilih yang jelas dan enggak asal-asalan, karena kita kan takut juga kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan," kata Bu Gito, saat berbincang bersama Haibunda baru-baru ini.

Asisten Rumah Tangga/ Asisten Rumah Tangga/ Foto: istock

Nah, berikut 3 tips aman memilih pembantu infal menurut Bu Gito yang Bunda perlu tahu.

1. Tetap waspada memilih

Memilih pembantu infal harus yang jelas dan yang sudah berpengalaman. Kalau dari info teman, lebih baik cek lagi keluarganya.

"Cek lagi, saudaranya ada enggak di sini (Jakarta), biar jelas dan enggak sembarangan pilih infal. Kalau ada apa-apa bisa mendatangi yayasannya atau langsung ke keluarganya yang di sini," ujar Bu Gito.

2. Lebih jeli dengan identitas pembantu infal

Bunda bisa pastikan si ART infal terpercaya dengan tanda pengenal atau KTP. Bila perlu, fotocopy dari kartu identitas bisa Bunda simpan. Cocokkan foto dengan orangnya, untuk menghindari penipuan karena pemalsuan KTP.

3. Cari yayasan penyalur infal yang sudah terpercaya

Jangan asal pilih infal dari sembarang yayasan penyalur, Bun. Pilihlah yayasan infal yang sudah terpercaya dan terdaftar di Dinas Tanaga Kerja dan Transmigrasi di daerahnya.

"Banyak pembantu infal berasal dari daerah, sebaiknya cari yayasan yang sudah melakukan survei dengan latar belakang pembantu infal tersebut di daerah asalnya," papar Bu Gito.

Nah, Bunda bisa pertimbangkan hal-hal di atas sebelum memilih pembantu infal di bulan Ramadhan, menjelang Lebaran seperti sekarang ya.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi