mom-life

7 Asupan Alami untuk Bantu Atasi Masuk Angin

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 15 Aug 2019 11:01 WIB
7 Asupan Alami untuk Bantu Atasi Masuk Angin
Jakarta - Dalam keseharian, ketika tubuh terasa enggak nyaman dan fit, kerap disebut mengalami masuk angin. Beberapa asupan alami pun sering diandalkan untuk mengatasi kondisi ini.

Bicara soal masuk angin, dr.Kartono Muhammad yang pernah menjabat ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan tidak ada istilah masuk angin dalam ilmu kedokteran. Bisa dibilang di dunia kedokteran tak pernah mengenal istilah 'masuk angin'.

"Gejala-gejala yang ditimbulkan seperti perut kembung, nyeri otot, pusing, sakit tenggorokan, bersin-bersin, sampai batuk dan pilek merupakan gejala-gejala dari penyakit lain. Penyakitnya bisa bermacam-macam tergantung gejalanya," kata Kartono mengutip detikcom.


Kartono bilang, perut kembung secara kedokteran didiagnosa sebagai gejala maag, ganggguan lambung, atau gangguan pencernaan lainnya. Sedangkan, pusing, sakit tenggorokan, bersin, batuk dan pilek bisa merupakan gejala flu. Badan pegal atau nyeri otot bisa disebabkan karena terlalu capek dan kurang istirahat.

Meski begitu, banyak masyarakat yang yakin dengan adanya konsep masuk angin ini, Bun. Nah, dikutip dari Health Line, berikut asupan alami yang bisa dikonsumsi untuk membantu mengatasi gejalanya.

1. Sup ayam

Dokter spesialis penyakit dalam Elaine Luo M.D., bilang penelitian menunjukkan konsumsu semangkuk sup ayam plus sayuran bisa memperlambat pergerakan neutrofil dari tubuh. Neutrofil adalah jenis sel darah putih untuk membantu tubuh terlindung dari infeksi.

2. Jahe

Studi menunjukkan merebus irisan jahe dan meminumnya selagi hangat bisa membantu meredakan sakit tenggorokan juga rasa mual.

3. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Mencampur madu dalam segelas teh hangat plus lemon bisa membantu tubuh lebih hangat dan meredakan batuk. Tapi ingat, jangan beri madu pada anak di bawah 1 tahun ya, Bun, karena bisa menyebabkan keracunan.

ilustrasi masuk anginilustrasi masuk angin/ Foto: shutterstock
4. Bawang putih

Alicin pada bawang putih bisa menjadi zat antimikroba untuk melawan infeksi, termasuk meringankan hidung tersumbat.

5. Echinacea

Dengan kandungan flavanoidnya, echinacea ampuh meningkatkan imunitas tubuh dan mengurangi peradangan. Sebuah studi menunjukkan konsumsi 1 - 2 gram echinacea tiga kali sehari mengurangi risiko batuk dan pilek sampai 50 persen.

6. Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah-buahan seperti lemon, jeruk, belimbing, dan sayuran hijau bisa jadi sumber vitamin C yang baik.



7. Probiotik

Probiotik adalah bakteri dan ragi yang baik bagi tubuh. Konsumsi probiotik bagus untuk pencernaan serta daya tahan tubuh dan mengurangi risiko infeksi pernapasan.

Bunda, saksikan cara memijat bayi di bagian punggung untuk tingkatkan imunitas si kecil di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi