moms-life

Tips Keuangan Sebelum Bunda Putuskan Resign dari Pekerjaan

Yuni Ayu Amida Sabtu, 24 Aug 2019 16:12 WIB
Tips Keuangan Sebelum Bunda Putuskan Resign dari Pekerjaan
Jakarta - Menjadi ibu bekerja tentunya enggak mudah. Selain harus mengurus keluarga, Bunda juga mesti siap dengan tanggung jawab di tempat kerja.

Dikatakan financial planner Rista Zwestika, S.Sos. AWP. CFP., saat ibu bekerja memutuskan ingin resign atau keluar dari pekerjaan, entah karena alasan anak, suami, atau memang lingkungan kerja yang tidak memungkinkan lagi untuk bekerja, harus dipertimbangkan dengan matang. Serta diskusikan dengan suami.

"Ini harus dipastikan dulu karena tadi ada dua sumber income, kita harus ngomong ke suami, kalau nanti resign ada sepersekian yang kita akan kehilangan, apa nanti suami sanggup untuk memenuhinya," tutur Resta kepada HaiBunda, usai mengisi acara di Jakarta baru-baru ini.


Selain itu, sebelum resign, kita mesti hitung dan cek keuangan dulu, Bun. Serta ada baiknya siapkan simpanan dana darurat.

"Minimal 6 sampai 9 kali pengeluaran, atau bahkan satu tahun pengeluaran berarti 12 kali. Misal per bulan sepuluh juta berarti harus punya dana darurat 120 juta," terangnya.

Tips Keuangan Sebelum Bunda Putuskan Resign dari PekerjaanFoto: Yuni Ayu Amida


Rista tidak menampik bahwa persoalan keuangan atau ekonomi bisa jadi masalah besar dalam keluarga, sehingga memicu keributan. Itu sebabnya, hal semacam ini sudah harus didiskusikan bahkan sebelum memutuskan akan menikah.

"Ini dua nahkoda, ketika punya income kita harus duduk bareng, jadi harus komunikasikan income ini buat apa aja," ujar Rista.

Jika Bunda pada akhirnya benar-benar keluar dari pekerjaan tersebut, dan rumah tangga hanya mengandalkan pendapatan suami, harus transparan dalam mengatur keuangan ya. Suami harus tahu, uang tersebut digunakan untuk apa saja.

"Harus ada kesepakatan bersama, jadi nanti enggak ada lagi pertanyaan, Ma uangnya cukup enggak? Kan Papa udah tahu uangnya ke mana. Itu kunci jawabannya," tukasnya.

Simak pula tips mengelola keuangan ala Astrid Tiar ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi