parenting

Khasiat Daun Cocor Bebek, Pereda Alami Demam Anak

Asri Ediyati Jumat, 23 Aug 2019 11:30 WIB
Khasiat Daun Cocor Bebek, Pereda Alami Demam Anak
Jakarta - Bryophyllum pinnatum atau tanaman cocor bebek berasal dari Madagaskar. Tanaman itu juga tumbuh di beberapa negara di dunia, Macronesia, Selandia Baru, beberapa negara di Asia, Nepal, Thailand, Pakistan, Mesir, Indonesia, dan masih banyak lagi. Tanaman cocor bebek, khususnya di bagian daun memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Menurut Gina Welds Hulse, herbalist dan konsultan aromaterapi bersertifikat, cocor bebek memiliki sifat antibakteri, antivirus, antimikroba, antijamur, antihistamin, dan anafilaksis.

"Saya pribadi menggunakannya sebagai obat alternatif untuk semua jenis kondisi pernapasan, dan saya selalu menerima hasil yang bagus. Baru-baru ini saya menderita bronkitis, dan daun cocor bebek ini sangat bermanfaat dalam penyembuhan saya," kata Hulse dikutip dari Remedy Grove.

Kata Hulse, daun cocor bebek bisa digunakan sebagai teh herbal yang cocok untuk mengobati sesak napas, gagal ginjal, masalah menstruasi, asma, batuk, dan flu. Dikatakan Hulse bahkan dapat mengunyah daun untuk mengekstraksi jus dengan menambahkan garam.
ilustrasi anak demam/ ilustrasi anak demam/ / Foto: iStock
"Daun obat herbal yang dihancurkan ini akan meredakan gigitan serangga, memar, bisul, dan bisul kulit. Tapal dari daun yang dihancurkan juga dapat diaplikasikan pada tubuh bagian luar untuk keseleo, nyeri, dan sakit telinga," tulis Hulse.


Selain sifat-sifat yang dimiliki cocor bebek, mengutip dari Health Benefits, ternyata cocor bebek juga memiliki properti antipiretik. Properti tersebut bisa meredakan panas tubuh akibat demam. Cara menggunakannya gampang banget, Bun.

Dilansir Ibu Pintar Trans TV, caranya yaitu dengan menyediakan tiga lembar daun cocor bebek kemudian diuleg sampai halus. Setelah itu langsung bisa digunakan dengan cara mengoleskannya di dahi anak. Daunnya dingin sehingga bisa meredakan demam dan membuat anak nyaman.

Simak cara lengkapnya melalui video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi